Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala Bappenas Mundur bila Jadi Presiden IFAD

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), menyatakan siap mundur dari Kabinet Kerja jika terpilih menjadi Presiden International Fund for Agricultural Development (IFAD).
 Bambang Brodjonegoro /Antara
Bambang Brodjonegoro /Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), menyatakan siap mundur dari Kabinet Kerja jika terpilih menjadi Presiden International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Sebelumnya, beredar kabar apabila Kepala Bappenas telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk maju dalam pemilihan tersebut. Namun, Bambang menepis rumor tersebut.

“Tidak benar soal surat tersebut, saat ini saya [memang] sedang mengikuti pemilihan presiden IFAD. Tentunya tidak [bisa merangkap sebagai Kepala Bappenas jika terpilih], karena itu jabatan full time,” kata Bambang kepada Bisnis, Selasa (3/1/2017).

Bambang menuturkan, pemilihan tersebut akan berlangsung pada pertengahan Februari 2017 dan dirinya akan bersaing dengan 7 kandidat lain. Sejak 2009 atau selama dua periode terakhir, Presiden IFAD dijabat oleh Kanayo F. Nwanze dari Nigeria.

Adapun, IFAD merupakan sebuah organisasi sayap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang fokus untuk memberantas kemiskinan, khususnya di daerah pedesaan di negara-negara berkembang.

Bambang Brodjonegoro merupakan ekonom asal Universitas Indonesia yang menjabat sebagai Kepala Bappenas mulai 27 Juli 2016. Sebelum menjadi Kepala Bappenas, Bambang merupakan menteri keuangan Kabinet Kerja sejak awal Kabinet Kerja dibentuk oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper