Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Dua Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Ranking 500 Top Dunia

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi pada 2016 telah mendorong tiga perguruan tinggi masuk ranking top 500 dunia. Hasilnya Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung masuk dalam rangking tersebut.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi pada 2016 telah mendorong tiga perguruan tinggi masuk ranking top 500 dunia. Hasilnya Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung masuk dalam rangking tersebut.

Rinciannya, UI menempati peringkat 325 sedangkan ITB 401 dari 500 kampus di seluruh dunia. Kedua perguruan tinggi tersebut mengalami kenaikan peringkat signifikan dibandingkan tahun lalu yakni UI menempati posisi 358 dan ITB di posisi 431.

Sementara itu Universitas Gadjah Mada yang ditargetkan masuk ranking 500 dunia baru menempati posisi 501. Namun peringkat ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya menempati posisi 551.

"Kami upayakan tahun depan UGM masuk top 500 dunia," kata Menristekdikti Muhammad Nasir dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Selain itu, sepanjang 2016, Kemenristekdikti telah mendorong lahirnya science technopark (STP) yang unggul dengan capaian ada 12 STP unggul. Mendorong pusat unggulan iptek dengan capaian 27 pusat unggulan Iptek. Selain itu juga mulai dilakukan upaya untuk melakukan pendelegasian evaluasi izin prodi ke L2DIKTI (Kopertis).

"Selanjutnya langkah preventif untuk menjamin kualitas izin pendirian prodi, maka Kementerian Risetedikti juga berusaha untuk mengatasi praktik-praktik percaloan pengurusan izin pendirian prodi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper