Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Netralitas ASN Masih Jadi Isu Penting di Pilkada Serentak 2017

Netralitas aparatur sipil negara (ASN) masih menjadi isu krusial dalam penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2017.
Pegawai Negeri Sipil/Antara
Pegawai Negeri Sipil/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Netralitas aparatur sipil negara (ASN) masih menjadi isu krusial dalam penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2017.

Hariyadi, Anggota Tim Monitoring Pilkada, mengatakan pihaknya menemukan fakta bahwa ada daerah yang ASN-nya terbelah, karena kepala daerah dan wakil kepala daerah incumbent kembali maju dengan pasangan yang berbeda.

“Beberapa daerah yang petahananya maju sendiri-sendiri membuat ASN terbelah. Hal itu terlihat jelas jika calon wakil kepala daerah yang diusung adalah mantan birokrat, sehingga terlihat ikatan emosi di ASN,” katanya, Kamis (22/12).

Hariyadi menuturkan ASN di beberapa daerah sangat memperlihatkan dukungannya terhadap pasangan calon tertentu, sedangkan di daerah lain masih dapat menutup-nutupi. Untuk itu, pelaksana tugas kepala daerah harus mampu memastikan netralitas ASN, demi kepentingan masyarakat.

Yuswandi Temenggung, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, mengatakan ASN di daerah tetap harus menjaga netralitasnya, meskipun pimpinannya kembali maju dengan pasangan yang berbeda.

Menurutnya, persoalan netralitas ASN memang menjadi persoalan tersendiri, karenanya pada Pilkada serentak 2015 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Badan Kepegawaian Nasional membuat aturan untuk menjaga netralitas ASN.

Pelaksana tugas kepala daerah memegang peranan penting dalam menjaga iklim kerja dan netralitas ASN di tempat kerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper