Layanan Pos Lintas Perbatasan Ditingkatkan

Pemerintah berharap layanan di Pos Lintas Batas Negara bisa ditingkatkan usai adanya upaya pembenahan sehingga para pengguna bisa merasakan manfaat yang lebih baik.
Lukas Hendra TM | 21 Desember 2016 16:50 WIB

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah berharap layanan di Pos Lintas Batas Negara bisa ditingkatkan usai adanya upaya pembenahan sehingga para pengguna bisa merasakan manfaat yang lebih baik.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo mengharapkan layanan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong bisa ditingkatkan seiring dengan peresmian wajah baru dari PLBN tersebut yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

"Pemerintah telah menunjukan komitmennya untuk membenahi perbatasan yang dimulai dari PLBN ini sebagai beranda terdepan dari NKRI. Untuk itu saya meminta agar layanan juga bisa ditingkatkan, agar para pengguna PLBN ini bida merasakan perbedaan dari sebelumnya," katanya seperti dikutip dari laman Kemendagri, Rabu (21/12/2016).

Dia mengharapkan semua komponen yang ada di PLBN Entikong, seperti Imigrasi, Bea dan Cukai serta pihak keamanan dan semua yang ada bisa meningkatkan layanan dan memberikan yang terbaik.

"Peran swasta di sana juga harus ditingkatkan, karena banyak swasta yang akan dilibatkan di sana, baik dari sisi layanan seperti pemilik akomodasi kendaraan, penyedia penukaran uang, jasa makanan dan lain sebagainya, karena swasta nanti yang akan lebih banyak berperan. Semua harus bersatu dan memberikan yang terbaik," katanya.

Tjahjo juga mengharapkan ada peningkatan keamanan di PLBN Entikong, untuk mencegah keluar dan masuknya barang illegal.

"Inti dibangunnya kembali berikut penambahan sarana dan prasarana di PLBN Entikong ini adalah terjadinya percepatan layanan untuk masyarakat. Itu yang diinginkan Pak presiden, sehingga semua elemen yang ada di dalamnya harus bisa mewujudkan hal itu."

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena pengerjaan PLBN Entikong untuk tahap 1 itu sudah bisa diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap Kalbar, sehingga patut untuk kita syukuri dan harus kita jaga tentunya," ujarnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perbatasan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top