PTIK Ditargetkan Jadi Perguruan Tinggi Kepolisian Berkelas Dunia

Menjadikan STIK sebagai perguruan tinggi berkelas dunia merupakan salah satu dari tiga visi yang diemban STIK PTIK.
Newswire | 20 Desember 2016 10:43 WIB
Logo STIK PTIK - youtube/gisma diningrat

Kabar24.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) PTIK direncanakan tumbuh dan mencapai standar dunia.

"Menjadikan STIK sebagai perguruan tinggi berkelas dunia merupakan salah satu dari tiga visi yang diemban STIK PTIK," ujar Dosen Utama STIK PTIK Komisaris Besar Pol. Nelson Pardamean Purba, saat ditemui di Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Ia menyebutkan, dua visi STIK PTIK lainnya adalah pertama, menjadi pendidikan tinggi yang dapat dibanggakan dan dapat diandalkan dalam mewujudkan Perwira Sarjana Ilmu Kepolisian yang profesional dan bermoral.

Kedua, menjadi pusat pengkajian permasalahan kepolisian dan pengembangan ilmu dan teknologi kepolisian, katanya.

Ia mengatakan, sebagai perguruan tinggi kepolisian berkelas dunia, STIK PTIK akan mengedepankan beberapa materi pembelajaran. Di antaranya, pemahaman ilmu pengetahuan atau science, teknologi, ilmu kepolisian, psikologi sosial, dan manajemen sosial.

Meski demikian, kata Nelson, kinerja kepolisian saat ini telah menjadi rujukan dunia internasional, khususnya kemampuan Polri dalam menangani terorisme.

"Banyak negara dan donatur kita di luar negeri yang kini belajar tentang penanganan terorisme dari Densus 88. Artinya, pembelajaran dari kemampuan Densus 88 soal terorisme sudah mencapai level dunia," kata Nelson menjelaskan.

Ia menambahkan untuk meningkatkan kualitas sarjana kepolisian, STIK PTIK mengagendakan setiap strata di dalamnya untuk mengikuti kursus singkat di luar negeri. Seperti mahasiswa program Doktor yang Kursus singkat ke Jerman, dan program magister ke New Zealand.

"Intinya, STIK PTIK bertekad menjadi perguruan tinggi kepolisian yang berkelas dunia," kata Nelson.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
polisi

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top