Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Fokus Kemdikbud Soal Revitalisasi SMK

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Makassar, Rabu (16/11/2016). Dia berharap agar penyiapan tenaga terampil bidang kemaritiman dibenahi secara serius.
Siswa SMK/Antara-Widodo S. Jusuf
Siswa SMK/Antara-Widodo S. Jusuf

Kabar24.com, MAKASSAR -- Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Makassar, Rabu (16/11/2016). Dia berharap agar penyiapan tenaga terampil bidang kemaritiman dibenahi secara serius.

“Revitalisasi SMK kita fokuskan pada kemaritiman, ketahanan pangan, pariwisata dan industri dan ekonomi kreatif. Indonesia memiliki potensi sangat besar di bidang tersebut (Kemaritiman) tetapi tenaga terampilnya masih minim,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/11/2016).

Mendikbud mengakui masih ada kekurangan guru produktif di SMK. Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan penambahan jumlah guru dengan kompetensi ganda, yakni guru adaptif yang didorong menjadi guru produktif.

Ke depan, diharapkan para ahli dan tenaga berpengalaman bersedia terjun langsung mengajar di SMK, tentunya setelah dilakukan proses penambahan kompetensi keguruan.

SMK Negeri 9 sendiri memiliki tiga jurusan yakni Agribisnis Perikanan, Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Elektronika Industri. Jurusan-jurusan ini, kata Mendikbud, sangat cocok untuk Makassar yang memiliki kepulauan dan pantai yang luas.

"Dunia kemaritiman harus kita perkuat dengan menyiapkan tenaga terampil melalui lulusan SMK ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper