Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alibaba Gaet US$1,47 Miliar Dalam Tujuh Menit

Perusahaan e-commerce Alibaba mencapai rekor penjualan tertinggi pada 'Hari Belanja Online' dengan nilai transaksi sekitar 10 miliar Yuan atau setara US$1,47 miliar dalam kurun waktu tujuh menit.
Alibaba.com/Reuters
Alibaba.com/Reuters

Bisnis.com, BEIJING -  Perusahaan e-commerce Alibaba mencapai rekor penjualan tertinggi pada 'Hari Belanja Online' dengan nilai transaksi sekitar 10 miliar Yuan atau setara US$1,47 miliar  dalam kurun waktu tujuh menit.

Kegiatan belanja online besar-besaran dibuka secara resmi di markas Alibaba di Hangzhou, Provinsi Zhejiang China,  Kamis (10/11/2016) malam, dan dihadiri langsung pendiri Grup Alibaba Jack Ma dan seluruh jajarannya, demikian laporan yang diterima Antara di Beijing, Jumat (11/11/2016).

Pada acara yang dihelat secara besar dan meriah tersebut, setiap hasil transaksi yang diraih ditampilkan setiap menit di sebuh layar lebar yang terpasang di panggung.

Pada tahun sebelumnya, Alibaba berhasil meraih nilai transaksi yang sama dalam waktu 12 menit, media setempat mewartakan, Jumat.

Tanggal 11 November mungkin merupakan hari yang teramat biasa bagi sebagian besar orang, tapi tidak untuk orang-orang di China.

Pada hari itu, orang-orang di negara tersebut berbelanja online secara besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung, nilai transaksi belanja online pada hari tersebut mencapai miliaran dolar.

Kegiatan belanja online besar-besaran tersebut mirip dengan 'Black Friday' atau 'Cyber Monday' di Amerika Serikat.

Pusat Intelijen Bisnis Fung memperkirakan Alibaba akan meraih nilai transaksi 40%  lebih tinggi dibandingkan tahun lalu untuk kegiatan yang sama tahun ini.

Pada 2015 dalam kurun 24 jam Alibaba berhasil meraih transaksi 91,2 miliar Yuan.

Duta Besar RI untuk China dan Mongolia Soegeng Rahardjo berharap dalam kegiatan belanja online tersebut, penjualan produk-produk Indonesia juga makin meningkat.

"Saya berharap permintaan terhadap produk-produk Indonesia juga semakin meningkat," katanya.

Indonesia memiliki portal jual beli produk Indonesia di China bernama INAMALL. INAMALL merupakan platform Business to Consumer Pada tahap awal, produk yang dipasarkan memiliki ciri khas Indonesia, seperti kopi luwak, mi instan, aneka kudapan seperti biskuit, aromaterapi safecare, keripik singkong KUSUKA, dan produk minuman Inaco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper