Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FORUM PERDAMAIAN DUNIA: Dibuka Jokowi, Bahas Perlawanan Ekstremisme

Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Forum Perdamaian Dunia/World Peace Forum (WPF) Ke-6 yang membahas perlawanan terhadap ekstremisme di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/11/2016).
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 02 November 2016  |  00:56 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (kedua kiri) dan sejumlah undangan lainnya sebelum melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/11). - Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (kedua kiri) dan sejumlah undangan lainnya sebelum melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/11). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Forum Perdamaian Dunia/World Peace Forum (WPF) Ke-6 yang membahas perlawanan terhadap ekstremisme di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

"Saya sangat percaya bahwa World Peace Forum yang ke-6 ini akan dapat menghasilkan dialog yang produktif dan memperkuat usaha kita bersama dalam menghadirkan kedamaian di negara kita masing-masing dan tentunya perdamaian dunia," kata Presiden dalam sambutan pembukaan acara tersebut.

Presiden dalam kesempatan itu menyampaikan, Indonesia berhasil menemukan kemampuan untuk bersatu sebagai sebuah bangsa justru di tengah keragaman.

Menurut Jokowi terdapat dua hal yang menjadi landasan persatuan di Indonesia yaitu ideologi Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Pancasila, ujar Kepala Negara, menjadi ideologi bangsa sebagai panduan berpikir dan bertindak serta melangkah maju membangun negara.

Sementara itu, Bhineka Tunggal Ika yang merupakan pepatah lama memiliki makna semangat berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Kepala Negara mengatakan sejumlah aksi teror yang terjadi di Indonesia, selalu dapat diatasi oleh bangsa Indonesia melalui semangat persatuan dan gotong royong.

Dia menilai aksi teror dan ekstremisme yang terjadi di negara lain perlu aksi kolektif bersama untuk mengatasinya.

Dalam pembukaan tersebut hadir sejumlah pejabat negara antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua WPF Din Syamsuddin.

Forum Perdamaian Dunia (WPF) diselenggarakan pada 1-4 November 2016 di Hotel Grand Sahid Jakarta dan akan melibatkan 200 delegasi baik dari Indonesia dan negara asing.

WPF merupakan agenda dua tahunan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan Center for Dialogue and Cooperation among Civilisations" (CDCC) dan Cheng Ho Multi-Culture Education Trust yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia sejak 2006.

Untuk World Peace Forum Ke-6 akan mengangkat topik "Melawan Ekstremisme Kekerasan: Martabat Manusia, Ketidakadilan Global, dan Tanggung Jawab Bersama".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi perdamaian

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top