Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUU Pemilu Selesai April 2017

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyatakan bahwa RUU Pemilu sudah harus selesai sebelum April 2017 mengingat tahapan pemilu dimulai 24 bulan sebelum masa pemungutan suara berlangsung.
Gedung DPR di Senayan, Jakarta/Antara
Gedung DPR di Senayan, Jakarta/Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyatakan bahwa RUU Pemilu sudah harus selesai sebelum April 2017 mengingat tahapan pemilu dimulai 24 bulan sebelum masa pemungutan suara berlangsung.

Untuk memenuhi target tersebut, rapat paripurna penutupan masa sidang pertama tahun sidang 2016-2017 hari ini langsung mengumumkan nama-nama anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu.

“Pembentukan Pansus ini sengaja dilakukan agar proses pembahasan RUU Pemilu yang mendesak bisa segera dimulai,” ujar Wakil Ketua Umum PAN itu di Kompleks Parlemen hari ini, Jumat (28/10/2016).

Beberapa di antara nama anggota Pansus RUU Pemilu dari sepuluh fraksi di DPR termasuk Arif Wibowo dari PDIP, Rambe Kamarul Zaman dari Golkar, dan Ahmad Riza dari Gerindra.

Sedangkan dari Fraksi Demokrat terdapat nama Edhie Baskoro, dari PAN ada nama Yandri Susanto dan dari PKB Lukman Edy serta Al Muzamil Yusuf dari PKS. Selain itu, ada nama Reni Marliani dari PPP, Tamanuri Mochtar dari Nasdem dan Rufinus dari Hanura.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarul Zaman mengatakan aktivitas Pansus RUU Pemilu akan dimulai seusai masa reses DPR pada 16 November 2016.

Dia menegaskan bahwa pembahasan RUU Pemilu tidak memungkinkan dilakukan pada masa reses karena para anggota pansus telah memiliki agenda masing-masing di daerah pemilihan. Pemilihan ketua pansus juga akan dilakukan seusai masa reses.

Pembahasan RUU Pemilu akan dimulai dengan penjelasan dari pihak pemerintah mengenai draf RUU yang diajukan.

Selanjutnya diserahkan kepada fraksi-fraksi sebagai dasar menyusun daftar inventarisasi masalah (DIM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper