Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Haji 2016 : Jutaan Jamaah Mulai Bergerak ke Arafah

Jutaan jamaah haji dari seluruh dunia mulai bergerak menuju Arafah. Mereka akan mengikuti prosesi puncak haji, wukuf di Arafah.
Jemaah haji/Reuters
Jemaah haji/Reuters

Kabar24.com, MEKKAH--Jutaan jamaah haji dari seluruh dunia mulai bergerak menuju Arafah. Mereka akan mengikuti prosesi puncak haji, wukuf di Arafah.

Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi, Ahmad Subhan mengatakan bahwa jemaah haji Indonesia diberangkatkan pada hari Sabtu (10/09) dalam tiga gelombang.

Setiap maktab dengan jumlah jemaah antara 2.800 3.000 orang akan diangkut dengan 21 - 22 bus dalam tiga kali pemberangkatan.

Pemberangkatan pertama dilakukan dari jam 07.00 12.00 waktu Arab Saudi. Gelombang kedua jam 12.00 16.00 WAS. Sedangka pemberangkatan gelombang ketiga dari jam 16.00 WAS sampai selesai, jelas Ahmad Subhan, Sabtu (10/9/2016).

Pantauan tim Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama, jalan Malik Fahd yang menjadi akses menuju ke Arafah mulai padat.

Sejumlah polisi nampak mengatur lalu lintas jalan di depan terowongan Malik Fahd, Syisyah Makkah. Hanya kendaraan yang membawa jemaah haji yang bisa masuk terowongan, lainnya diputar balik menuju ke Makkah.

Beberapa jemaah haji dari berbagai dunia juga nampak berjalan menyusuri terowongan. Tidak sedikit pemuda-pemuda Arab yang menawarkan jasa kursi roda kepada mereka.

Sementara jemaah haji Indonesia, pantauan MCH di pemondokan 603, mereka sudah bersiap mengenakan kain ihram dan menunggu bus yang akan membawa mereka ke Arafah datang di Lobby hotel.

Wukuf di Arafah akan berlangsung pada hari Minggu (11/09) setelah matahari condong ke barat (bada zawal). Khutbah wukuf di tenda misi haji Indonesia akan disampaikan oleh Wakil Rais Am PBNU KH Miftahul Akhyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Kemenag.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper