UI Gelar Simposium Ilmu Material

Universitas Indonesia melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat menggagas sebuah Simposium bernama International Symposium on Current Progress in Functional Materials.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 26 Juli 2016  |  23:50 WIB
UI Gelar Simposium Ilmu Material
Universitas Indonesia - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Universitas Indonesia melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat menggagas sebuah Simposium bernama International Symposium on Current Progress in Functional Materials. 

Simposium ini akan mempertemukan para peneliti dan pakar di bidang functional materials dari Asia, Eropa maupun Amerika. Tidak kurang dari 74 peneliti mempresentasikan karya ilmiahnya di forum internasional yang berlangsung pada 26-27 Juli 2016. 
 
Rektor UI Muhammad Anis menyampaikan UI berperan aktif sebagai pusat inovasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia, salah satunya mendorong perkembangan Ilmu Material.

"Diharapkan melalui wadah simposium ini, dapat tercipta kelompok riset baru tingkat global di bidang ilmu Material yang meliputi bidang spesialisasi metal dan alloy, keramik, polimer, material elektronik dan magnetik serta material komposit, serta menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan Ilmu Material dengan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk kepentingan umat manusia," ujar Anis dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Dengan tema “Exploring the current progress in novel and functional materials for energy, environmental and health applications”, forum ini akan mendiskusikan perkembangan functional materials science atau biasa didefinisikan sebagai Ilmu Material/Bahan yang dimanfaatkan untuk properti dan fungsi tertentu. 

ICSPFM secara khusus akan membahas topik mengenai penyedia material untuk penyuplai energi alternatif, pelestarian lingkungan, perangkat elektronik dan peningkatan kualitas kesehatan. 
 
Sebagai bagian dari komunitas ilmiah global, UI menaruh perhatian besar pada area penelitian ilmu Material, baik itu dari sisi sains maupun rekayasa teknik. UI telah mengambil bagian dalam pengembangan ilmu Material melalui penerapan Program Magister dan Doktor Ilmu Material di Departemen Ilmu FIsika FMIPA UI dan Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik UI.  Pembelajaran mengenai material juga dibahas dari sudut pandang ilmu Kimia dan Biologi yang tersedia di Departemen Ilmu Kimia dan Ilmu Biologi di FMIPA UI.
 
Bentuk komitmen UI akan penelitian Ilmu Material tersebut salah satunya berangkat dari kekayaan Indonesia akan material/bahan mentah yang dapat diolah menjadi produk yang berdaya manfaat tinggi bagi masyarakat. Namun yang disayangkan adalah keterbatasan sumber daya manusia dalam pengolahan bahan mentah tersebut yang membuat masyarakat harus mengimpor produk sehingga menjadikan masyarakat Indonesia sebagai konsumen saja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
universitas indonesia

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top