Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRUK MAUT DI NICE: Saksi Mata, Truk Menggilas Tubuh Orang

Saksi-saksi mata menceritakan serangan di Nice, Prancis, ketika truk besar menggilas dan menembaki kerumunan warga yang tengah merayakan Hari Nasional Prancis, Bastille Day hingga merenggut 80 korban jiwa, Kamis (14/7/2016) malam waktu setempat.
Polisi Prancis dan petugs forensik berdiri di dekat truk yang menabrak sekumpulan orang saat merayakan Bastille Day di Nice Prancis, Kamis (14/7/2016). Dikabarkan 60 orang tewas dalam teror ini./Reuters
Polisi Prancis dan petugs forensik berdiri di dekat truk yang menabrak sekumpulan orang saat merayakan Bastille Day di Nice Prancis, Kamis (14/7/2016). Dikabarkan 60 orang tewas dalam teror ini./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Saksi-saksi mata menceritakan serangan di Nice, Prancis, ketika truk besar menggilas dan menembaki kerumunan warga yang tengah merayakan Hari Nasional Prancis, Bastille Day hingga merenggut 80 korban jiwa, Kamis (14/7/2016) malam waktu setempat.

Berikut adalah sejumlah gambaran mencekam saat terjadi serangan yang disampaikan para saksi mata, seperti dilansir CNN:

1. Banyak tubuh berserakan di jalan
Dominique Molina dan suaminya Tony melihat kondisi tersebut dari balkon hotel mereka, yang menghadap jalan di tepi pantai dimana serangan itu terjadi.

Menurutnya, butuh beberapa detik untuk menyadari truk tersebut, yang dia lihat mengarah ke jalan dengan kecepatan sekitar 25 mil/jam (40,23 km/jam) menggilas orang-orang di kerumunan.

"Saya meraih anak saya, dan saya langsung melindunginya dan melindunginya dari pemandangan itu," katanya kepada Anderson Cooper dari  CNN.

"Dia benar-benar terguncang," katanya.

"Itu pemandangan yang seharusnya tidak pantas dilihat"

Molina menambahkan, dia mendengar suara seperti benturan saat truk menembus kerumunan. Setelah terdengar suara tembakan, dia mendengar suara jeritan orang-orang dan mulai melihat lautan manusia yang panik di antara badan-badan yang sudah tergeletak.

"Dalam beberapa saat setelah tembakan, suasana sangat sepi dan kemudian mulai terdengar suara ratapan, jeritan, dan tangisan," katanya kepada Anderson Cooper.

Suaminya Tony mengatakan mereka melihat setidaknya 10 mayat, berserakan di jalan.

"Badan-badan itu seperti sedang duduk. Itu menyedihkan karena ada keluarga yang menangis di samping badan-badan itu," katanya.

Video yang diambil oleh Dominique Molina dan telah diunggah ke Twitter setelah serangan itu.

2. "Kami harus berlari agar tetap hidup"
Paul Delane baru saja selesai menonton kembang api untuk perayaan Hari Bastille ketika ribuan orang mulai berlari ke arahnya.

"Pasangan saya mengambil tangan saya dan kami mulai berjalan dengan semua orang dan jujur di kepala saya, saya tidak tahu apa yang sedang terjadi dan musik itu sangat keras," tuturnya.

Meskipun ia tidak melihat truk, Delane memang melihat "orang-orang berlarian dan menjerit dan menangis dan orang-orang yang membopong anak-anak mereka, dan itu sangat menakutkan."

"Kami semua hanya tahu bahwa kami harus berlari untuk nyawa kami," katanya kepada CNN

3. Berlindung di restoran terdekat
"Kami sedang makan dan kerumunan orang berlari ke kami dan kami tidak tahu apa yang sedang terjadi," kata Maryam Violet.

"Saya berjalan ke depan dan melihat banyak orang di sekitar keluarga mereka, banyak mayat tunggal tanpa seorang pun di sekitar mereka," kata Violet.

"Anda bisa melihat puing-puing sepanjang jalan, tubuh, sepeda, lampu jalan dan puing-puing di mana-mana," katanya kepada CNN.

4. Kembang api, tembakan, dan jeritan
Zeynep Akar juga menyaksikan dari balkon di rumahnya saat adegan mengerikan membuka. Dia sedang melangkah ke luar untuk menonton kembang api.

"Saya tiba-tiba mendengar kekacuan dan orang-orang berteriak," kata Akar kepada Wolf Blitzer dari CNN. "Ada begitu banyak orang tergeletak di jalan."

Ketika ia mendengar suara tembakan, dia berlari ke dalam rumahnya dan mematikan lampu.

Brenden Phillips, seorang mahasiswa Georgia Tech sedang berkunjung ke Nice untuk perayaan akhir pekan Bastille Day.

Lima sampai sepuluh menit setelah kembang api berakhir, mobil polisi bergegas melewatinya dan banyak orang-orang berlari ke arahnya.

Seorang petugas mengarahkan orang, berulang kali berteriak "Pergi cepat! Pergilah ke sana!" kata Phillips.

5. Truk mengebut saat menembus kerumunan

Seorang saksi mata asal Amerika mengatakan ia berdiri sekitar 15 kaki dari lokasi saat truk putih panjang melaju ke kerumunan "menggilas tubuh orang-orang".

Dia mengatakan truk itu ngebut saat menabrak orang-orang.

"Awalnya seperti sebuah kecelakaan, tetapi menjadi jelas truk itu melaju sangat cepat dengan disengaja," katanya kepada CNN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper