Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARUS BALIK: Penumpang Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Arus balik pemudik menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung mulai ramai pada dua hari setelah Lebaran 2016.
Ilustrasi-Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung/Antara
Ilustrasi-Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung/Antara

Bisnis.com, BAKAUHENI, Lampung - Arus balik pemudik menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung mulai ramai pada dua hari setelah Lebaran 2016.

Berdasarkan pantauan, di Bakauheni, Jumat malam, baik penumpang pejalan kaki maupun dalam kendaraan mulai ramai memasuki pelabuhan guna menuju kapal penyeberangan ke Pulau Jawa.

Meski belum terlihat kepadatan penumpang, namun pemudik yang datang untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten sudah mulai ramai. Pemudik pejalan kaki hingga dalam kendaraan terus berdatangan dan memasuki dermaga untuk menyeberang menggunakan kapal motor roll on roll off (ro-ro).

Dari data posko angkutan Lebaran 2016 tercatat sebanyak 48.076 pemudik baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan yang telah menyeberang ke Pulau Jawa sejak pukul 08.00 hingga 20.00 wib.

Jumlah pemudik pada dua hari (H+2) pasca-Lebaran Idul Fitri sudah mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya tercatat sekitar 48 ribu selama 24 jam.

Kendaraan roda dua (motor) pada H+2 tercatat sebanyak 4.856 unit dan kendaraan roda empat atau kendaraan pribadi sudah diseberangkan sebanyak 5.043 unit.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Eddy Hermawan mengatakan, hari ini pemudik mulai ramai.

"Semua sudah kita persiapkan dengan baik, loket pada arus balik juga akan kita buka sebanyak 14 loket agar tidak terjadi antrean saat pelayanan pemudik," kata dia.

Ia juga berharap agar larangan truk barang melintas pada H+3 untuk ditambah sehingga tidak mengganggu kelancaran arus balik pemudik di pelabuhan itu.

"Kalau truk barang sudah diizinkan khawatir akan terjadi kepadatan saat puncak arus balik yang kita prediksi terjadi Sabtu (9/7)," ujarnya.

Arus balik pemudik di Pelabuhan Bakauheni hingga Jumat malam pukul 22.30 wib terpantau ramai dan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper