Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Cilincing Jakarta Utara

Cilincing merupakan kecamatan yang cukup penting di wilayah Jakarta Utara. Daerahnya cukup strategis, berada di sebelah timur Pelabuhan Tanjung Priok.
Ilustrasi/sketsaindonesia.com
Ilustrasi/sketsaindonesia.com

Bisnis.com, JAKARTA-Cilincing merupakan kecamatan yang cukup penting di wilayah Jakarta Utara. Daerahnya cukup strategis, berada di sebelah timur Pelabuhan Tanjung Priok.

Untuk itu daerah Cilincing sejak dahulu hingga sekarang menjadi termpat transit yang paling dekat bagi para awak kapal serta pekerja pelabuhan. Mengapa daerah itu diberi nama demikian?

Zaenuddin HM, dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, terbitan Ufuk Press pada Oktober 2012, menjelaskan mengenai asal usul nama Cilincing tersebut.

Menurut kisahnya, Cilincing diambil dari nama anak sungai yang mengalir dari selatan ke utara, yaitu “Ci” merupakan bahasa Sunda yang artinya sumber atau aliran air atau sungai.

Selain itu nama Cilincing juga berasal dari nama jenis pohon yang tumbuh di daerah tersebut pada masa itu, yang diperkirakan mirip dengan pohon belimbing wuluh (averhrhoa carambola).

Pohon buah tersebut banyak tumbuh di tepi dan sekitar sungai. Jadi, nama Cilincing adalah kombinasi atau gabungan dari nama sungai dan nama pohon buah sejenis belimbih wuluh.

Sedangkan dalam sejarah kota Batavia, kawasan Cilincing memegang peranan cukup penting. Di daerah itulah pada 4 Agustus 1811 pasukan balatentara Inggris yang jumlahnya hampir 12.000 mendarat.

Pasukan balatentara Inggris mendarat tanpa perlawanan dari pihak Belanda, yang pada masa itu berada di bawah kekuasaan Prancis. Demikianlah sejarah Cilincing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper