Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Siapkan 10 Pendidikan Vokasi

Pemerintah menyiapkan 10 pendidikan vokasi atau politeknik yang diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya siap pakai, salah satunya di bidang kemaritiman.
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrestek Dikti) Mohammad Nasir/Antara
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrestek Dikti) Mohammad Nasir/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Pemerintah menyiapkan 10 pendidikan vokasi atau politeknik yang diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya siap pakai, salah satunya di bidang kemaritiman.
 
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengatakan sejumlah vokasi yang disiapkan yakni di di bidang kemaritiman, material, elektronik, pembuatan kapal, serta pangan dan manufaktur.
 
“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tadi, kita ingin meningkatkan pendidikan vokasi, di antaranya adalah pendidikan yang menyangkut kemaritiman,” katanya, di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/6/2016).

Dia mengatakan ke-10 politeknik nantinya akan dibentuk pilot project agar semua lulusannya harus bisa diserap oleh pasar dengan mekanisme, yaitu lulusannya harus bersertifikasi melalui lembaga sertifikasi profesi.

Untuk lulusan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin), harus memiliki sertifikasi dari International Maritime organization. Adapun, untuk bidang lainnya juga harus disertifikasi lembaga sertifikasi profesi di bawah Badan Standardisasi Nasional.

Direktur Polimarin Sri Tutie Rahayu mengatakan pertemuan hari ini merupakan perintah Presiden usai kunjungan kerjanya ke Jerman beberapa waktu lalu.

“Kami siap mengembangkan pendidikan vokaisi di bidang kemaritiman yang baru satu-satunya di bawah Kementeriandikti, dan ini menjadi pendukung program Presiden mengenai poros maritim,” jelasnya.

Polimarin yang berlokasi di Semarang merupakan pendidikan tinggi vokasi yang berada di bawah Kemenristekdikti, dan telah menjalin kerjasama dengan salah satu universitas di Jerman, Swedia, Korea dan Jepang.

Saat ini Polimarin memiliki 3 program studi, yaitu Nautika, Teknika, serta Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.

Dalam waktu dekat, Polimarin akan menambah program studi baru, meliputi Logistik, Komunikasi Maritim, Peralatan Mesin Kapal, Elektronik Magnetik dan Otomatisasi Peralatan Kapal, serta Off Shore yang berkaitan dengan pengeboran lepas pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper