Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Info Cuaca: BMKG Prediksi Hujan Lebat Hingga 20 Juni

Info Cuaca: BMKG Prediksi Hujan Lebat Hingga 20 Juni
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas lebat masih akan terjadi dalam tiga hari ke depan. Karena itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus S. Swarinoto mengatakan, potensi hujan lebat masih akan terjadi hingga tanggal 20 Juni mendatang. Hal itu dilihat dari tinjauan kondisi atmosfer ada beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia.

"Dalam tiga hari ke depan hujan lebat masih akan terjadi di beberapa daerah termasuk juga Jakarta," kata Yunus, dalam pesan singkatnya, Sabtu (18/6).

Dia mengatakan kondisi ini diakibatkan masih hangatnya suhu muka laut di atas normal perairan Indonesia barat. Selain itu masuknya aliran massa udara basah dari samudera India di maritim kontinen Indonesia serta lemahnya aliran masa udara dingin Autralia di wilayah Indonesia.

"Diperkirakan kondisi itu memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan," ucapnya.

Selain itu dengan adanya daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang.

Di beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan Papua.

Dia menambahkan masyarakat dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan dan pohon tumbang.

"Operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatera, Jawa hingga Bali-NTT," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper