Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Ramadan, Warga Daerah Ini Selenggarakan Makan Bersama Sekampung

Generasi Muda Simpang Tugu (GMST), menggelar Makan Gadang Sakampuang dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah.
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi/Bisnis.com
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi/Bisnis.com

Kabar24.com, BUKITTINGGI - Puasa Ramadan 2016 tinggal beberapa hari lagi, warga di berbagai daerah melakukan persiapan dengan caranya masing-masing.

Salah satu organisasi pemuda di Kelurahan Pakan Labuah, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Generasi Muda Simpang Tugu (GMST), menggelar "Makan Gadang Sakampuang" dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah.

Ketua GMST, Rolan, di Bukittinggi, Minggu (29/5/2016), mengatakan acara tersebut dilaksanakan secara mandiri oleh warga setempat di Jalan Pakan Labuah dan baru yang pertama kali dilaksanakan di daerah tersebut.

Untuk pelaksanaan acara itu, pihaknya mengundang warga di tiga kelurahan lainnya yakni Kelurahan Parik Antang, Kubu Tanjuang dan Ladang Cakiah.

"Meski yang diundang empat kelurahan, siapapun warga yang melewati jalan tersebut dipersilakan makan, karena itulah acara ini dilaksanakan di jalan umum, agar terlihat oleh masyarakat," jelasnya.

Ia menyebutkan, persiapan acara telah dilakukan sejak satu minggu lalu dan ibu-ibu anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sudah mulai memasak hidangan untuk kegiatan tersebut pada Sabtu (28/5).

"Pada malam hari sebelum acara, jalan juga sudah dibersihkan dengan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi dan ditutup dari kendaraan," sebutnya.

Menurutnya, acara tersebut dilaksanakan pada hari libur agar dapat diikuti warga yang sedang menikmati hari libur.

"Ramadan memang masih satu minggu lagi, acara ini dilaksanakan sekarang, sekaligus untuk silaturahmi dan nanti tidak mengganggu persiapan masyarakat menjelang Ramadhan," tambahnya.

Makan bersama tersebut diikuti sekitar 300 orang warga yang datang silih berganti dan menggunakan jalan sepanjang sekitar 70 meter.

Salah seorang warga, Ranti mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena dapat menjaga silaturahmi antarwarga setempat.

"Semoga dapat dilaksanakan setiap tahun dan cakupannya lebih luas tidak hanya di kelurahan saja karena kegiatan ini bisa juga menjadi penarik wisatawan untuk datang ke Bukittinggi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper