Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISRA MI'RAJ: Wagub Jabar Deddy Mizwar Peringati di Tasikmalaya

Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub) Deddy Mizwar memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1437 Hijriah/2016 di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, yang disertai acara khitanan massal serta meresmikan Aula Masjid Jami Pusaka Safarwadi, di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong.
Deddy Mizwar/Antara
Deddy Mizwar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub) Deddy Mizwar memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1437 Hijriah/2016 di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, yang disertai acara khitanan massal serta meresmikan Aula Masjid Jami Pusaka Safarwadi, di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong.

Ia menilai, peringatan Isra Miraj saat ini dapat dimaknai sebagai momentum umat Islam melakukan instropeksi diri.Dalam hal meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT.

"Pada peristiwa Isra Miraj pertama kali diajarkan sholat. Shalat adalah tiang agama. Kita jadikan momen ini sebagai penguatan moralitas dan interegitas diri sehingga tidak terjebak pada kegiatan keji dan mungkar," kata Deddy Mizwar.

Menurut dia dalam sejarah umat Islam, Isra dan Mi'raj adalah peristiwa penting. Pada peristiwa Isra, Nabi Muhammad SAW diberangkatkan oleh Allah SWT dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. 

Pada peristiwa Mi'raj, Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Isra Miraj pun terjadi dalam waktu satu malam saja. 

"Bagi umat Islam, peristiwa tersebut sangatlah berharga, karena pada peristiwa inilah sholat lima waktu diwajibkan," kata dia.

Pihaknya menyambut baik terlaksananya rangkaian kegiatan tersebut, yang juga dapat menjadi wahana pengembangan nilai spiritual masyarakat, guna mengembangkan nilai sosial, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbudaya luhur.

Berkaitan dengan kegiatan bakti sosial khitanan masal, yang diikuti sekitar 40 anak dari desa setempat, merupakan kegiatan yang memiliki makna dan tujuan pada lingkup kemanusiaan, yang sekaligus terkait erat dengan urusan Illahiah.

Sementara itu, penambahan aula masjid Jami Pusaka Safarwadi merupakan bukti kongkrit tentang partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mampu memberdayakan fungsi masjid seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Di mana selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, juga menjadi pusat aktivitas umat Muslim.

"Oleh karena itu, ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami berikan kepada Pusaka Karomah Safarwadi Pamijahan. Semoga masyarakat secara umum mendapat spirit baru untuk meningkatkan kualitas hidup," ujar Deddy Mizwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper