Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uji Coba Nuklir Korut: China Sangkal Kerahkan Tentara ke Perbatasan

Menteri Pertahanan China pada Jumat (22/4/2016) menyangkal bahwa pasukannya sedang berkumpul di perbatasan Korea Utara menjelang uji coba nuklir yang Kelima dan mengatakan pengerahan tersebut merupakan hal yang normal.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 22 April 2016  |  18:30 WIB
Presiden Korut Kim Jong Un (tengah) - Reuters/KCNA
Presiden Korut Kim Jong Un (tengah) - Reuters/KCNA

Kabar24.com, BEIJING - Menteri Pertahanan China, Jumat (22/4/2016), menyangkal bahwa pasukannya sedang berkumpul di perbatasan Korea Utara menjelang uji coba nuklir yang kelima. China mengatakan pengerahan tersebut merupakan hal yang normal.

Pusat Informasi Hak Asasi Manusia dan Demokrasi yang berbasis di Hong Kong mengatakan bahwa pada awal pekan, China mengirimkan sekitar 2,000 tentara ke perbatasan.

Keputusan ini dibuat menjelang pengujian nuklir kelima oleh Korea Utara yang merupakan pelanggaran terhadap sanksi yang dijatuhkan PBB terhadap negara komunis tersebut.

“Laporan tersebut tidak sesuai dengan fakta. Militer China hanya mempertahankan kesiapan tempur dan latihan yang normal di perbatasan China dan Korea Utara,” kata Kementerian Pertahanan China seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/4/2016).

Beberapa laporan yang sulit untuk diverifikasi mengenai pergerakan tentara di perbatasan muncul secara berkala. Laporan tersebut biasanya dengan cepat disangkal oleh pemerintah China.

Sementara itu, Kore Utara berjanji kembali akan mengadakan uji coba nuklir meskipun hal tersebut melanggar kesepakatan internasional.

Beberapa ahli memprediksi Korea Utara akan melangsungkan uji coba nuklir ke lima dalam waktu dekat, kemungkinan sebelum kongres partai berkuasa yang akan diadakan pada awal Mei setelah kejadian memalukan yang terjadi pada uji coba keempat.

China merupakan sekutu terpenting bagi Korea Utara dalam hal diplomasi dan ekonomi.

Namun, negara tirai bambu itu juga marah dengan uji coba nuklir dan rudal Korea Utara. China juga ikut menandatangani perjanjian sanksi PBB untuk Korea Utara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china nuklir korea utara tentara

Sumber : Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top