Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Abu Bakar Ba'asyir Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Pemindahan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasir Putih di Nusakambangan, Jawa Tengah, ke Lapas Gunung Sindur di Jawa Barat dilakukan karena alasan kemanusiaan.
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan/Antara-Agus Bebeng
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan/Antara-Agus Bebeng

Kabar24.com, JAKARTA - Pemindahan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasir Putih di Nusakambangan, Jawa Tengah, ke Lapas Gunung Sindur di Jawa Barat dilakukan karena alasan kemanusiaan menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan.

"Hari ini dipindahkan, karena Abu Bakar Ba'asyir sudah tua," kata Luhut di Markas Komando Pasukan Khusus, Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Dia mengatakan pemindahan Ba'asyir dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam penanganan terpidana kasus terorisme.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada perlakuan diskriminatif terhadap para terpidana kasus terorisme seperti yang diwartakan.

"Pemerintah tetap memperhatikan masalah kemanusiaan dan juga menjalankan aturan yang berlaku," kata dia.

Kepala Kepolisian Resor Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya mengatakan Ba'asyir dalam keadaan sehat saat diberangkatkan dari Lapas Pasir Putih menuju Lapas Gunung Sindur di Bogor pagi ini.

"Sebelum diberangkatkan dari Lapas Pasir Putih, sudah dicek kesehatannya, dalam keadaan sehat, tidak kurang suatu apapun atau sakit," katanya di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

"Sesampainya di bandara, langsung diserahterimakan kepada tim dari Mabes Polri dan selanjutnya diterbangkan menggunakan pesawat," tambah dia.

Menurut dia, Ba'asyir didampingi terpidana kasus terorisme yang lain, Muhammad Natsiruddin alias Cecep alias Tegar, yang selama ini membantu mengurus kebutuhan sehari-hari pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu di Lapas Pasir Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper