Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Flydubai Jatuh, Sempat Ada Upaya Pendaratan

Pesawat jet penerbangan dari Dubai menuju Rusia mengalami kecelakaan saat mendarat di bandara Rostov-on-Don. Kejadian itu menewaskan seluruh penumpang pada Sabtu (19/3/2016).n
Flydubai/reuters
Flydubai/reuters

Bisnis.com, MOSCOW - Pesawat jet penerbangan dari Dubai menuju Rusia mengalami kecelakaan saat mendarat di bandara Rostov-on-Don. Kejadian itu menewaskan seluruh penumpang pada Sabtu (19/3/2016).

Menteri Darurat Rusia mengatakan pesawat Boeing 737-800 dioperasikan oleh maskapai Flydubai mengalami kecelakaan pada pukul 03.50 (0030GMT). Kebanyakan penumpang berasal dari Rusia.

Pesawat tersebut menghantam tanah dan hancur berkeping-keping. Menurut data saat ini, ada 55 orang penumpang dan tujuh awak kabin. Mereka semua tewas, tulis Komite Investigasi Rusia di laman websitenya, seperti dikutip dari Reuters (19/3/2016).

Dari seluruh penumpang yang tewas, tujuh di antaranya adalah anak-anak.

Belum ada koronologi yang pasti, tapi kamera CCTV bandara memperlihatkan sayap pesawat tersebut menghantam tanah saat upaya pendaratan yang kedua, lalu terbakar hingga akhirnya hancur.

Gubernur Rostov Vasily Golubev mengatakan cuaca yang buruk menjadi alasan utama saat investigasi dilakukan, tapi penasihat Menteri Transportasi Rusia Zhanna Terekohova menilai human error pada pilot bisa jadi salah satu faktornya.

Sebelum jatuh, pesawat tersebut sudah mulai terbang rendah dari jarak 250 meter dari awal runway.

"Kami sedang berusaha melakukan semua yang kami bisa secepat mungkin. Untuk sementara ini kami mendoakan korban [kecelakaan pesawat], yaitu para penumpang dan awak kabin kami," kata Flydubai dalam pernyataannya.

Sejumlah enam awak kabin bukan berasal dari Rusia, Menteri Darurat Rusia belum bisa memastikan kewarganegaraan awak kabin yang menjadi korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper