Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polandia Krisis Konstitusi, Ribuan Orang Turun ke Jalan

Puluhan ribu orang Polandia berdemonstrasi di Warsawa hari ini untuk menuntut pemerintah menghormati konstitusi.
Demonstrasi di Eropa. /reuters
Demonstrasi di Eropa. /reuters

Kabar24.com, WARSAWA - Puluhan ribu orang Polandia berdemonstrasi di Warsawa hari ini untuk menuntut pemerintah menghormati konstitusi. Ini memperluas konfrontasi antara kubu oposisi, mahkamah agung dan Uni Eropa di satu pihak melawan pemerintah konservatif Polandia.

Dengan melambaikan bendera kebangsaan Polandia dan Uni Eropa disertai teriakan "konstitusi", para demonstran kubu oposisi menyeru pemerintah untuk menghormati mahkamah agung yang membatalkan reformasi hukum yang memecah belah bangsa.

Partai Hukum dan Keadilan (PiS) yang skeptis kepada Uni Eropa, menghadapi kritik keras Uni Eropa, Amerika Serikat dan kelompok HAM sejak berkuasa Oktober tahun silam dengan memperketat kontrol kepada media dan lembaga lainnya.

Mahkamah Konstitusi Polandia, Rabu pekan ini, memutuskan bahwa keputusan pemerintah menambah jumlah hakim konstitusi adalah ilegal.  Keputusan ini hanya memperdalam krisis yang sudah melenceng kepada keprihatinan terhadap demokrasi dan aturan main di negara anggota Uni Eropa terbesar di timur Eropa Ini.

Di antara kritik kepada reformasi hukum a la pemerintah itu adalah mengubah aturan bagaimana kasus disidangkan di pengadilan tinggi, sehingga membuat hakim sulit mengkajinya, taruhlah itu legislasi pemerintah.

Namun pemerintah Polandia menegaskan lagi penolakannya untuk menerbitkan keputusan mahkamah konstitusi itu dengan alasan keputusan mahkamah itu juga ilegal.

Pemerintah menganggap mahkamah konstitusi terlalu kuat, bersekutu dengan pemerintah sebelumnya dan berusaha menghalangi reformasi hukum, demikian Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper