Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendagri Ingin Siskamling Diaktifkan Kembali

Kementerian Dalam Negeri akan kembali menggalakkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk menjaga keamanan dan mencegah konflik yang terjadi di masyarakat.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 08 Maret 2016  |  01:25 WIB
Mendagri Ingin Siskamling Diaktifkan Kembali
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri akan kembali menggalakkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk menjaga keamanan dan mencegah konflik yang terjadi di masyarakat.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan proses antisipasi dan deteksi dini terhadap konflik di masyarakat harus dilakukan hingga tingkat rukun tetangga (RT). Untuk itu, diperlukan Siskamling sebagai salah satu perangkat dalam upaya pencegahan.

“Siskamling perlu dikedepankan, karena proses deteksi dini harus sampai kepada tingkat RT,” katanya di Jakarta pada Senin (7/3).

Tjahjo menuturkan upaya Siskamling juga akan dibarengi dengan pengetatan tata kelola pemerintahan di tingkat RT, seperti pelaporan warga baru yang masuk ke dalam lingkungannya, agar dapat segera diambil tindakan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap konflik sosial perlu melibatkan seluruh masyarakat. Hal tersebut menjadi alasan bagi dirinya untuk membentuk forum komunikasi pimpinan tingkat kecamatan yang melibatkan camat, Kapolsek, Danranmil, dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Soedarmo, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, mengatakan sebenarnya sudah ada tim terpadu penanganan konflik sosial di tingkat pusat, seperti yang diamanatkan oleh UU No. 7/2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

Keinginan Mendagri tersebut tentunya akan ditindaklanjuti dengan sejumlah aturan yang menjadi dasar hukumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri Siskamling
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top