Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Ceko Dukung Indonesia Jadi Kandidat Dewan Keamanan PBB

Menteri Luar Negeri Republik Ceko Lubomir Zaoralek mengatakan negaranya akan mendukung Indonesia dalam kandidasi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, melihat upaya promosi perdamaian yang telah dilakukan kedua negara.
Pasukan Perdamaian dari Indonesia/Antara
Pasukan Perdamaian dari Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Ceko Lubomir Zaoralek mengatakan negaranya akan mendukung Indonesia dalam kandidasi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, melihat upaya promosi perdamaian yang telah dilakukan kedua negara.

"Saya dapat menjanjikan bahwa Republik Ceko akan mendukung Indonesia di tingkat internasional," kata Zaoralek di kediaman Duta Besar Ceko, Jumat (26/2/2016).

Menurut Zaoralek, kedua negara telah melakukan promosi perdamaian di sejumlah isu persengketaan di antaranya mengenai kemerdekaan Palestina, konflik Arab Saudi dan Iran maupun Laut China Selatan.

Menlu menjelaskan negaranya memandang Indonesia sebagai mitra dalam melawan gerakan radikal dan terorisme.

Zaoralek mengatakan Indonesia merupakan negara yang moderat dan banyak berperan dalam mediasi konflik baik antarnegara maupun di kawasan tertentu.

"Kami menilai pemerintah Indonesia berniat membuat kesejahteraan lebih merata, demokratis dan modern," jelas Menlu Ceko.

Zaoralek telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (25/2). Presiden dan Zaoralek membahas peningkatan hubungan kedua negara baik sektor politik, ekonomi dan sosial.

Beberapa bahasan yang dibicarakan oleh Presiden RI dan Menlu Ceko yaitu terkait pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas serta implementasi kerja sama konsultasi bilateral.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia telah meminta dukungan Ceko untuk menjadi kandidat anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper