Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Boyolali Dapat 625.000 Kg Subsidi Benih Tahun Ini

Pada tahun ini Kabupaten Boyolali akan memperoleh bantuan subsidi benih sebanyak 625.000 kg dari Kementerian Pertanian.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 24 Februari 2016  |  13:24 WIB

Kabar24.com, SEMARANG--Pada tahun ini Kabupaten Boyolali akan memperoleh bantuan subsidi benih sebanyak 625.000 kg dari Kementerian Pertanian.

Seperti dikutip dari laman resmi Rabu (24/2/2016), Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikulturan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kab. Boyolali Supardi mengatakan melalui subsidi tersebut petani memperoleh bantuan sekitar Rp7.000/kg.

"Harga perolehan bibit padi di pasaran sekitar Rp9.000-Rp9.500//kg, sedangkan melalui subsidi ini, petani hanya perlu membayar Rp2.500/kg," tuturnya.

Berdasarkan ketentuan, masing-masing hektare sawah akan mendapatkan bantuan subsidi benih sebanyak 25.000 kg.

Dia memperkirakan pada awal Maret nanti atau sebelum panen masa tanam, bantuan subsidi benih telah didistribuskan ke calon penerima melalui kelompok tani.

"Bantuan berwujud benih padi tersebut nantinya akan didistribusikan ke 16 kecamatan di Kabupaten Boyololi. Sedangkan Kecamatan Selo, Musuk, dan Cepogo tidak mendapatkan bantuan karena wilayah tersebut tidak memiliki lahan pertanian," ungkapnya.

Adapun kualitas bibt padi yang akan diberikan meiliputi jenis Ciherang, IR 64, Situbagendit, Mikongga, Memberamo, dan PP. Setiap kecamatan akan memperoleh bantuan dengan jumlah beragam, tergantung luasan lahan yang ada.

Bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan biaya sarana produksi padi petani, karena harga bibit padi di lapangan sangat mahal. Dia berharap subsidi benih dapat memacu produksi padi di kawasan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

benih boyolali
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top