Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes, LGBT Itu Masalah Kejiwaan

Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek kembali menegaskan, bahwa lesbian, gay, biseksual, dantTransgender (LGBT) merupakan masalah kejiwaan, bukan gangguan kejiwaan.
Nila Moeloek/Antara
Nila Moeloek/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek kembali menegaskan, bahwa lesbian, gay, biseksual, dantTransgender (LGBT) merupakan masalah kejiwaan, bukan gangguan kejiwaan.

"Dari sisi kesehatan, LGBT itu masalah kejiwaan. Beda dengan gangguan kejiwaan, kalau gangguan mereka yang tergabung di dalamnya tidak bisa berinteraksi," kata Menteri Kesehatan saat berkunjung ke Kota Padang, Sumatra Barat, Senin (22/2/2016).

Dia menegaskan perilaku LGBT dari sisi kesehatan tidak dibenarkan karena hal tersebut juga membuat angka penyakit di tengah masyarakat menjadi cukup tinggi.

Transgender, ialah masalah kelainan bentuk organ reproduksi manusia atau meragukan antara organ wanita atau pria.

"Namun hal tersebut tentunya seiring waktu dapat diketahui mana yang lebih dominan dan seharusnya ada jalan keluar atau dapat teratasi," katanya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin mendorong proses legislasi yang memuat penegasan pelarangan terhadap aktivitas LGBT di Indonesia.

"Harus ada pelarangan terhadap aktivitas LGBT dan aktivitas seksual menyimpang lainnya serta menegaskannya sebagai kejahatan," ujarnya.

Dia juga menginginkan adanya keharusan rehabilitasi untuk setiap orang yang memiliki kecenderungan seks menyimpang agar dapat normal kembali.

Menurutnya, seharusnya juga ada pidana untuk setiap orang yang melakukan aktivitas LGBT dan seks menyimpang lainnya termasuk bagi yang mengajak, mempromosikan, dan membiayainya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang menegaskan agar kaum LGBT keluar saja dari Provinsi Sumbar karena tidak sesuai dengan Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper