Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUU TERORISME: Yasonna Yakin Tidak Ada Penyalahgunaan Kekuasaan

Salah satu poin dalam draf final RUU Pemberantasan Terorisme adalah perpanjangan waktu penahanan terduga teroris. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan akan menindak jika ada penyalahgunaan kekuasaan terkait hal tersebut.
Yasonna H. Laoly/Antara
Yasonna H. Laoly/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Pemerintah mengatakan tidak akan ada penyalahgunaan kekuasaan terkait salah satu poin dalam draf final RUU Pemberantasan Terorisme yakni perpanjangan waktu penahanan terduga teroris.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan  tidak akan ada penyalahgunaan kekuasaan terkait hal tersebut. "Kalau ada abuse of power ya kita tindak lanjuti siapa yang abuse of power,” ujarnya, Rabu (3/2/2016).

Yasonna menjelaskan bahwa dalam penerapan revisi UU Nomor 15 tahun 2003 itu, kepolisian tentu akan meninjau beberapa indikasi sebelum melakukan penangkapan.

Sebelumnya masa penahanan terduga terorisme menuru UU Terorisme yang berlaku saat ini adalah 7 hari. Padahal dalah Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) masa penahanan terduga pidana adalah 24 jam.

Dalam draf final revisi UU Terorisme masa penahanan diperpanjang menjadi 20 hari.

Seperti diketahui pemerintah mengusulkan revisi UU tersebut dengan tujuan memperluas kewenangan aparat untuk pemberantasan sekaligus pencegahan tindak pidana terorisme.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar sebelumnya pernah mengatakan perpanjangan masa penahanan melanggar prinsip hukum.

“Kan lucu bikin UU tapi tidak pakai prinsip hukum. Pemerintah sewenang-wenang dengan kekuasaan untuk sepakat keluar dari prinsip hukum sendiri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper