Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA TEMPO DOELOE: Ini Asal Usul Nama Petukangan Jaksel

Petukangan merupakan satu kampung atau kawasan permukiman di wilayah Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan.
Tukang pembuat mebel.   Ilustrasi/Antara
Tukang pembuat mebel. Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Petukangan merupakan satu kampung atau kawasan permukiman di wilayah Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Nama Petukangan sekarang lebih terkenal sebagai nana kelurahan, yaitu Kelurahan Petukangan Selatan dan Kelurahan Petukaangan Utara di Kecamatan Pesanggarah.

Dahulu, pada era 1960-1970an, di kawasan tersebut banyak terdapat pembuat mebel dan kusen rumah dari kayu. Adapun kayunya berasal dari pepohonan yang tumbuh di sana, seperti pohon nangka, pohon jati dan pohon mahoni.

Para pembuat mebel dan kusen rumah itu biasanya disebut tukang, dan para tukang itu banyak yang pandai membuat rumah khusus adat Betawi.

Saat itu, menjadi tukang merupakan pekerjaan utama penduduk di kawasan tersebut. Mereka membuka usahanya di rumah maupun bangunan di pinggir jalan  raya.

Menurut Zaenuddin HM dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, penerbit Ufuk Press pada Oktober 2012, di kawasan itu banyak sekali para tukang.

Untuk itu, jelas Zainuddin, nama Petukangan merupakan pembentukan kata dari per-tukang-an. Pengertiannya adalah suatu kawasan yang banyak dihuni oleh orang-orang yang bekerja sebagai tukang.

Jadi, kemungkinan besar dari situlah riwayat nama Petukangan, yang kini kawasannya telah berubah menjadi modern sebagaimana tempat-tempat lain di wilayah kota Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper