Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rob Swartbol, Dubes Belanda untuk Republik Indonesia/twitter
Rob Swartbol, Dubes Belanda untuk Republik Indonesia/twitter

Kabar24.com, JAKARTA - Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol menyatakan negaranya merupakan destinasi populer berbagai program beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa Indonesia.

Dikatakannya, berbagai program beasiswa yang ditawarkan kedua negara memperjelas kuatnya relasi sejarah dan budaya, serta visi untuk memperkuat relasi ke depan.

"Anda sebagai generasi muda menjadi titik tolak untuk menjaga hubungan bilateral Indonesia dan Belanda," tuturnya dalam pembukaan pameran pendidikan "Holland Scholarship Day" di pusat kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Sabtu (16/1/2016).

Sekitar 500 mahasiswa dan profesional muda Indonesia berpartisipasi dalam pameran yang diikuti oleh 14 perwakilan universitas Belanda dan lembaga penyedia beasiswa seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, beasiswa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), beasiswa SPIRIT Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), serta beasiswa unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker menjelaskan selain kualitas tinggi institusi pendidikan tinggi Belanda yang masuk dalam peringkat universitas dunia, kegiatan studi yang interaktif dengan lingkungan internasional serta toleransi tinggi juga ditawarkan oleh institusi pendidikan dan masyarakat Belanda.

Pemerintah Belanda sendiri menawarkan beasiswa penuh yakni StuNed khusus untuk program master, "short course", dan "tailor made training" yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia.

"Kriteria seleksi StuNed menitikberatkan pada faktor keunggulan dan keterkaitan dengan area prioritas kerja sama Indonesia dan Belanda. Setiap tahun sekitar 250-300 pelajar Indonesia diberangkatkan untuk studi di Belanda melalui beasiswa StuNed," ujar Koordinator Beasiswa Neso Indonesia Indy Hardono.

Selain StuNed, dalam acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 WIB tersebut juga dipaparkan beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) dan program Orange Tulip Scholarship (OTS) yang telah dibuka pendaftarannya sejak Desember 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper