Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Top10inaction
Ilustrasi/Top10inaction

Bisnis.com, BANDUNG - Para pengelola objek wisata di kawasan Bandung Selatan dan Utara mulai merasakan adanya peningkatan kunjungan wisatawan pada musim liburan tahun baru ini.

Manajer Marketing wisata Kawah Putih Dedi Heryana mengatakan peningkatan kunjungan wisatawan mulai terasa sejak sepekan lalu. Dalam sehari, kawah sisa letusan Gunung Patuha tersebut didatangi 2.000-3.000 orang.

"Jumlah tersebut melonjak tajam saat memasuki akhir pekan yang mencapai 6.000-7.000 orang," katanya, kepada wartawan, Selasa (22/12/2015).

Dia menjelaskan sebelum musim liburan tahun baru jumlah pelancong rerata hanya 1.000-2.000 orang/hari. Meskipun mulai musim hujan, ternyata tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung, bahkan jumlahnya semakin meningkat.

Oleh karena itu, pihaknya terus meningkatkan pelayanan bagi pengunjung agar bisa berekreasi dengan aman dan nyaman.

"Kami selalu ingatkan para pengunjung agar mematuhi rambu-rambu guna mencegah hal yang tak diinginkan. Kalau cuaca hujan deras serta kabut tebal, kami menutup area kawah," ujarnya.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan pengunjung, pihaknya memperbaiki berbagai sarana seperti shelter, toilet serta pemindahan terminal pengangkut pengunjung ke tempat yang lebih memadai.

Pada musim liburan sekolah dan tahun baru ini, pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 20.000 orang, tak berbeda dengan musim libur tahun lalu.

"Kami optimistis bisa tercapai, ini dilihat tingginya animo masyarakat untuk mengunjungi objek wisata alam Kawah Putih serta berbagai objek wisata lainnya yang tersebar di Bandung Selatan,"ujarnya.

Optimisme dilontarkan pengelola objek wisata di Kawasan Bandung Utara seperti Floating Market dan Farm House Susu Lembang. 

Intan Nia, Humas pengelola kedua tempat wisata tersebut mengatakan, pada saat musim libur sekolah dan akhir tahun ini lonjakan wisatawan sudah terasa.

"Untuk floating market di luar weekend kunjungannya sudah 8.000 orang dan farm house 4.000 orang. Pada weekend bisa lebih tinggi lagi," ujarnya.

Di tempat terpisah, Pemerintah Kota Bandung akan menggelar pentas seni memeriahkan malam pergantian Tahun Baru 2016, yang dipusatkan di Jalan Asia Afrika selama tiga malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kota Bandung Herlan JS mengatakan dalam kegiatan yang akan digelar pada 31 Desember mendatang, akan dimeriahkan dengan berbagai acara antara lain pagelaran kesenian, band lokal Bandung dan pesta kembang api.  "Untuk acara hiburan, kita gandeng komunitas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper