Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Gandaria Jakarta Selatan

Gandaria adalah kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, yang cukup padat penduduknya
Suasana Jakarta./Antara
Suasana Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Gandaria adalah kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, yang cukup padat penduduknya.

Meskipun cukup padat penduduknya, namun lingkungan di sekitarnya cukup teduh karena masih banyak tumbuh pepohonan yang rindang.

Nama Gandaria semakin dikenal masyarakat luas karena di kawasan itu dibangun banyak pertokoan, bahkan pusat perbelanjaan modern, salah satunya adalah Gandari City.

Bagaiman asal usul nama Gandaria? Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya  “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012.

Menurutnya, nama kawasan tersebut berasal dari nama pohon Gandaria (bouea macrophylla griff), menyerupai pohon mangga yang tingginya bisa mencapai sekitar 20 meter.

Daun pohon Gandaria berbentuk lanset panjang, halus serta mengkilat dan untaiannya menggantung. Bunganya berwarna kuning muda seperti bunga mangga yang tumbuh di ujung cabang muda pada ketiak daunnya.

Buah Gandaria berbentuk bulat lonjong dan berukuran kecil. Jika sudah matang berwarna kuning atau merah mudah dan berair. Sedangkan daginga buahnya tebal, rasanya ada yang asam dan juga ada yang manis.

Tanaman tersebut berasal dari Asia Tenggara, yang tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 500-800 meter di atas permukaan laut, pada tanah yang ringan.

Pohon Gandaria tersebar mulai dari Malaysia, Indonesia hingga Amerika yang beriklim tropika. Kembang-biak bohon itu dari menanam bijinya atua dicangkok dari batangnya.

Tanaman Gandaria dari hasil budi daya menghasilkan buah dengan rasa manis. Sedangkan musim berbunganya pada Agustus hingga September dan buahnya baru matang pada Desember sampai dengan Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper