Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Darurat Bencana di Surabaya, Cukup Tekan 112

Pemerintah Kota Surabaya akhirnya meresmikan penggunaan nomor darurat siaga bencana 112 yang dapat diakses oleh seluruh warga Surabaya bila terjadi bencana.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 25 September 2015  |  21:43 WIB
Dukungan untuk Tri Rismaharini - Antara
Dukungan untuk Tri Rismaharini - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akhirnya meresmikan penggunaan nomor darurat siaga bencana 112 yang dapat diakses oleh seluruh warga Surabaya bila terjadi bencana.

Penggunaan nomor darurat siaga tersebut merupakan kerja sama Pemkot Surabaya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui MoU tentang penggunaan nomor 112 sebagai nomor darurat siaga bencana pada Jumat 25 September 2015.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan selama ini banyak masyarakat yang kebingungan harus menghubungi siapa saat mengalami atau menemui bencana. Melalui call center 112 tersebut, diyakini akan cepat direspon masyarakat karena mudah diingat.

"Jika terjadi musibah, pelapor dapat melaporkan secara spesifik bencana yang terjadi misalnya pohon tumbang, banjir, atau kecelakaan. Sehingga Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana [Satlak PB] bisa mengirimkan sinyal kepada dinas yang terkait,  dan dapat dilakukan penanganan secara cepat," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (25/9/2015).

Nomor tersebut akan tersambung dengan posko Satlak PB, yang setiap hari bakal dilayani oleh tiga operator dengan waktu tugas tiga shift .

Nomor darurat siaga tersebut menggunakan teknologi Geografik Information System (GIS) yang dapat mendeteksi lokasi penelpon sehingga tidak akan mudah untuk dipermainkan oknum yang tidal bertanggung jawab.

Akses ke nomor 112 juga tidak dikenai biaya alias bebas pulsa, dan bebas blankspot karena langsung terkoneksi melalui satelit.

Rencananya nomor tersebut akan digunakan di seluruh Indonesia yang secara otomatis akan tersambung dengan crisis center sesuai dengan daerah pelapor.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya walikota surabaya tri rismaharini
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top