Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Bali: Badan Usaha Milik Desa Harus Lebih Produktif

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengharapkan agar badan usaha milik desa lebih produktif lagi untuk menggali potensi yang ada pada masing-masing desa di Bali.
Natalia Indah Kartikaningrum
Natalia Indah Kartikaningrum - Bisnis.com 23 September 2015  |  14:29 WIB

Bisnis.com, DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengharapkan agar badan usaha milik desa lebih produktif lagi untuk menggali potensi yang ada pada masing-masing desa di Bali.

Dewi Setyowati, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, mengatakan jika fokusnya hanya untuk melipatgandakan uang dengan meminjamkannya kemudian mengambil keuntungan dari selisih bunga yang masuk dan digulirkan lagi, tentu saja bukan merupakan tindakan yang produktif dan sangat disayangkan.

“Yang penting justru mereka melakukan pendampingan bagi masyarakat desa dan mengarahkan potensinya sehingga dapat mengali dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di Bali ini,” jelasnya saat ditemui di Denpasar, Rabu (23/9/2015).

Dia menambahkan melalui kegiatan pendampingan tersebut, lapangan usaha yang dapat dibangun atau dibentuk tentu banyak sekali.

“Misalnya saja dengan memelihara ayam kampung nantinya dapat disalurkan kepada warung atau restoran yang menjual olahan ayam kampung yang sekarang ini sudah banyak sekali di Bali sehingga suplai kerja sama ayam dapat dilakukan, tidak perlu mendatangkan dari luar Bali. Anak-anak muda juga bisa diberikan pelatihan menjahit untuk mengembangkan bisnis pakaian,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, badan usaha milik desa juga dapat memberikan pemberdayaan seperti membuat lahan kering dengan sistem terpal untuk mengembangkan lele atau belut, atau memanfaatkan lahan dengan menanam menggunakan metode urban farming.

“Jika masyarakat dapat memanfaatkan hal-hal seperti itu, tentu penghasilan atau uang yang mereka dapatkan bisa disimpan atau untuk biaya sekolah anak,” tuturnya.

Dia mengharapkan kedepannya seluruh badan usaha milik desa di Bali semakin aktif dan produktif lagi dalam menggali potensi yang ada kemudian mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakatnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top