Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Memilih Hewan Kurban dari Dinas Peternakan Sumut

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatra Utara, Parmohonan Lubis, menuturkan pemilihan hewan kurban dari sisi kesehatan fisik menjadi aspek terpenting.
Ilustrasi-jual hewan kurban/Antara-Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi-jual hewan kurban/Antara-Ari Bowo Sucipto

Kabar24.com, MEDAN- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatra Utara, Parmohonan Lubis, menuturkan pemilihan hewan kurban dari sisi kesehatan fisik menjadi aspek terpenting. Hal ini harus dilakukan agar pada saat mengonsumsinya, masyarakat juga tidak akan terjangkit berbagai penyakit.

Parmohonan memerinci, untuk memilih sapi kurban, pertama masyarakat harus memastikan penjual atau pemasok memiliki surat keterangan kesehatan hewn. Kedua, calon pembeli harus melihat cermin hidung sapi yang berwarna hitam.

"Kalau sapinya sehat itu cermin hidungnya basah, berkeringat. Kemudian, ketika sapi istirahat, dia terus mengunyah Selain itu, sapi memiliki bulu yang halus, tidak berdiri," papar Parmohonan, Selasa (8/9/2015).

Lebih lanjut, calon pembeli, sebutnya, juga harus memperhatikan kotoran sapi. Jangan sampai kotorannya encer.

Begitu pula dengan kambing. Parmohonan menyebutkan, kambing yang sehat akan memiliki fisik bersih dan mengkilat, bermata cerah, badan berisi, dan air liur tidak berlebihan.

Adapun, pada tahun ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut juga membentuk tim khusus untuk memantau pemeriksaan kesehatan hewan kurban hingga pasca pemotongan pada Idul Adha 2015 di 33 kabupaten/kota.

Parmohonan memperkirakan, pada tahun ini jumlah pemotongan hewan kurban di Sumut tidak akan meningkat drastis dibandingkan dengan tahun lalu. Parmohonan memerinci, pada tahun lalu, pemotongan mencapai 35.846 ekor hewan kurban, yakni sapi 25.176 ekor, kambing 10.168 ekor, dan kerbau 502 ekor.

Pemotongan hewan kurban terbanyak yakni di Medan 9.636 ekor, diikuti Langkat 5.220 ekor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper