Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIBUR LEBARAN: Antrean Kendaraan Cianjur-Puncak-Bogor 11 Km

Polres Cianjur Jawa Barat menutup jalur Cianjue menuju Cipanas-Puncak-Bogor karena antrean kendaraan kembali mengular hingga mencapai 11 kilometer pada Minggu menjelang malam (19/7/2015).
Penumpang dari arah Jakarta tampak meluangkan waktu sambil bersantai di areal mobil yang berhenti ditemani dengan seorang pedagang asongan./Bisnis-Miftahul Khoer
Penumpang dari arah Jakarta tampak meluangkan waktu sambil bersantai di areal mobil yang berhenti ditemani dengan seorang pedagang asongan./Bisnis-Miftahul Khoer

Bisnis.com, CIANJUR -  Polres Cianjur Jawa Barat menutup jalur Cianjue menuju Cipanas-Puncak-Bogor karena antrean kendaraan kembali mengular hingga mencapai 11 kilometer pada Minggu menjelang malam (19/7/2015).

Meskipun menjelang siang dan sore sempat dilakukan satu arah menuju Bogor, namun volume kendaraan kembali menumpuk di sepanjang jalur tersebut setelah satu jam diberlakukan sistem satu arah menuju Bogor.

Kepala Pos Pam 12 Cianjur AKP A Suprijatna mengatakan antrean kendaraan di jalur utama Puncak-Cianjur berdampak ke sejumlah jalur alternatif yang juga padat dilalui kendaraan pemudik yang mulai berbaur dengan kendaraan pendatang serta warga yang hendak bersilaturahmi.

Berbagai rekayasa arus yang dilakukan Polres Cianjur, dinilai belum maksimal mengatasi kemacetan di jalur tersebut. Sehingga sejumlah pos pam di Jalan Raya Bandung-Cianjur mengimbau penguna jalan dengan tujuan Bogor dan seterusnya untuk mengunakan jalur alternatif.

Kepala Pos Pam 12 AKP A Suprijatna mengatakan, pihaknya sejak siang hari telah mengimbau pemudik yang hendak kembali ke perantauan di Jabodetabek agar menggambil jalur alternatif Jonggol, agar tidak terjebak kemacetan di Jalur Puncak.

"Sejak dua hari terakhir, antrean panjang kendaraan telah terjadi di jalur Puncak, sehingga kami di masing-masing pos pam di Jalan Raya Bandung-Cianjur, diminta mengarahkan penguna jalan dengan tujuan Bogor untuk mengambil jalur alternatif," katanya.

Sedangkan arah sebaliknya dari Cianjur menuju Bandung, tutur dia, antrean kendaraan sudah terjadi sejak pagi hingga menjelang malam sehingga pihaknya melakukan sejumlah rekayasa guna mencairkan antrean.

Pihaknya memperkirakan kepadatan arus lalu lintas tersebut, akan terjadi hingga Rabu malam, sehingga pihaknya akan memberlakukan alternatif terakhir jika terjadi antrean kendaraan hingga tidak bergerak, dengan sistem satu arah menuju Bandung, setelah berkordinasi dengan Polres Bandung Barat.

Berdasar pantauan, menjelang malam antrean kendaraan menuju Bandung atau sebaliknya terus terjadi sehingga kendaraan tidak bergerak selama puluhan menit. Petugas diturunkan guna mengantisipasi terus memanjangnya antrean itu.

Bahkan menjelang malam untuk memutus rantai kemacetan Polres Cianjur menutup jalur menuju Puncak, mulai dari perempatan Tugu Mamaos, hingga antrean kendaraan di jalur tersebut mencair, pengguna jalan dengan tujuan Bogor di arahkan ke jalur alternatif Sukabumi. (KTR,FKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper