Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERUSUHAN TOLIKARA: Siapa Dalang Pengacau Toleransi?

Konflik di Karubaga, Tolikara, Papua, memicu perdebatan publik tentang hubungan sosial umat Islam dengan Kristen di sana.
Kabupaten Tolikara di Papua/wikipedia
Kabupaten Tolikara di Papua/wikipedia

Kabar24.com, JAKARTA-- Konflik di Karubaga, Tolikara, Papua, memicu perdebatan publik tentang hubungan sosial umat Islam dengan Kristen di sana.

SIMAK: Cowok Punya Kekayaan Rp10,6 Triliun Tinggal di Trailer

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Natalius Pigai, mengatakan masyarakat telanjur menilai Tolikara sebagai pusat konflik antar-umat agama. Padahal, sebelumnya tak pernah ada gesekan antara umat Islam dan Kristen di Tolikara.

BACA JUGA: WARTAWAN DIBUNUH: Polisi Buru D, Otak Pembunuhan

"Dari dulu hubungan muslim dan Kristen baik-baik saja. Musala tidak pernah diganggu, toleransi baik-baik saja, tapi kondisi ini dirusak oleh kejadian kemarin," kata Pigai saat dihubungi, Senin (20/7/2015).

SIMAK: WARTAWAN DIBUNUH: Ini 3 Pria Pencabut Nyawa Nurbaety

Kaburaga awalnya hanya distrik kecil. Namun, pada 2002, Tolikara dimekarkan menjadi kabupaten dengan kota utama Kaburaga. Sementara itu, jemaat Gereja Injili di Indonesia (GIDI) sudah mendiami Kaburaga jauh sebelum itu.

BACA JUGA: Ini Sanksi Pemprov Jateng untuk PNS yang Tambah Libur Lebaran

GIDI masuk ke Wamena pada 22 Januari 1955 dan menyebar ke Bogo pada 1962. Setelah itu, persebarannya meluas ke Pegunungan Tengah Papua. Jemaat GIDI akhirnya menjadi mayoritas di Tolikara. 

Sulit Diakses

Menurut Pigai, di sisi lain, wilayah Tolikara sangat sulit dijangkau akses Internet dan transportasi.

"Tolikara bukan tempat tujuan orang, sehingga jarang ada pendatang. Karena wilayah ini bukan pusat pemerintahan dan perekonomian," kata Pigai.

Pigai mencurigai konflik yang terjadi di Tolikara pada saat perayaan Idul Fitri, Jumat (17/7/2015), didalangi aktor-aktor tertentu. Mereka, kata Pigai, sengaja menciptakan ketidakharmonisan di Tolikara lewat penyebaran surat edaran berisi larangan beribadah yang diteken sinode GIDI, hingga terjadi penembakan yang dilakukan aparat kepolisian.

"Ada intoleransi dan kekerasan aparat. Itulah yang harus diproses secara hukum," kata Pigai.

Presiden GIDI Pendeta Dorman Wandikmbo membantah tudingan bahwa jemaat GIDI Tolikara tak memberi kebebasan menjalankan ibadah bagi umat beragama lain.

Dia menyebut adanya musala--yang kemudian terbakar dalam insiden ini--di Tolikara sebagai contoh hubungan umat Islam dengan Kristen yang telah terjalin baik.

"Musala itu telah berdiri selama 30 tahun. Jika memang kami tidak toleran, sedari awal tidak mungkin ada musala itu di situ," kata Dorman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper