Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atma Jaya Berikan Beasiswa

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau biasa disingkat Unika Atma Jaya menawarkan berbagai macam bentuk beasiswa bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.
SBMPTN/Antara
SBMPTN/Antara

JAKARTA—Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau biasa disingkat Unika Atma Jaya menawarkan berbagai macam bentuk beasiswa bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.

Mahasiswa semester VII Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Erna Kristiani Waruwu yang mengantongi IPK 3,89 dari Atma jaya ini berasal dari Nias, orangtuanya adalah petani dan tidak mempunyai cukup uang untuk membiayai kuliah. “Saya beruntung karena mendapatkan beasiswa Bidikmisi Atma Jaya. Kuliah saya selama empat tahun gratis dan mendapat biaya hidup per semester Rp 3,6 juta dari pemerintah. Saya pun bisa kuliah untuk meraih cita-cita,” ungkapnya.

Kepala Kantor Beasiswa Atma Jaya Binawati Hadikusuma menjelaskan terdapat 17 tawaran beasiswa dengan cakupan full dan partial scholarship. Beasiswa full scholarship antara lain Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Dokter untuk Indonesia Timur (DUIT), Beasiswa Jabodetabek, Beasiswa Karya Nyata Misi Pendidikan (KNMP),Beasiswa Mahasiswa kedokteran (PHK-PKPD), Beasiswa Kerja Sama Dalam Negeri, dan Beasiswa Keuskupan.

Sedangkan, beasiswa partial scholarship meliputi Beasiswa Regular, Beasiswa Penghargaan Akademik, Beasiswa Alumni, Beasiswa Perusahaan, Beasiswa Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK), Beasiswa Prestasi Anak Karyawan, Beasiswa Kerja Sama Internasional, dan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi (Mawapares).

“Bentuk beasiswa yang ditawarkan ada dua fokus yaitu bagi mahasiswa yang sudah berkuliah dan memiliki kemampuan akademik baik, serta bagi siswa SMA yang ingin kuliah tetapi tidak didukung oleh kemampuan finansial orangtua,” jelasnya, Senin (13/7).

Bagi yang sudah berkuliah, ujarnya, syaratnya adalah memiliki kemampuan akademik yang baik, mendapat rekomendasi pimpinan fakultas, dan lulus tes wawancara. Sementara bagi yang mau berkuliah, memiliki kemampuan akademik yang baik ketika SMA, kurang mampu secara finansial dan mengikuti serangkaian tes. Kesemua bentuk beasiswa ini, menempuh tahapan seleksi dengan kunjungan tim ke tempat tinggal pelamar untuk meyakinkan tim terhadap kemampuan finansial pelamar.

“Pada 2014, sebanyak 3000 mahasiswa menikmati berbagai jenis beasiswa dari Unika Atma Jaya, dengan dana sekitar Rp 9 Milyar. Tetapi, ini masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah pelamar yang ingin mendapatkan beasiswa. Maka, kami membuka peluang kerjasama bagi perusahaan, alumni, serta para dermawan untuk mendonaturkan dananya bagi mahasiswa Unika Atma Jaya,” terang Binawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper