Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

POLITIK DINASTI: Dampak Putusan MK, Calon di Luar Petahana Sulit Menangi Pilkada

Calon kepala daerah di luar petahana kemungkinan sulit menang setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi mengizinkan petahana mencalonkan diri.
Gedung MK
Gedung MK

Kabar24.com, JAKARTA - Calon kepala daerah di luar petahana bakal sulit mengalahkan lawan yang memiliki hubungan konflik kepentingan dengan petahana.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengatakan petahana memiliki kekuatan penuh dalam investasi dukungan. Salah satunya melalui berbagai program bantuan masyarakat ketika berkuasa.

Ia mencontohkan APBD triliunan rupiah bisa diselipkan bantuan masyarakat misalnya insentif untuk RT dan RW maupun bentuk lainnya. Hal ini membuat sulit bagi calon di luar petahana untuk menang dalam pilkada serentak.

"Di luar petahana tidak mungkin mengalahkan, APBD triliunan rupiah diselipkan bantuan-bantuan," katanya saat talkshow bertajuk Petahana Petaka Demokrasi di Cikini Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Oleh karena itu Riza menyatakan kekecewaannya terhadap putusan MK tersebut. Ia menilai MK hanya memahami fungsi keadilan sebagian pihak tetapi tidak memahami keadilan suatu kota atau daerah yang jumlahnya ratusan ribu orang.

Diperbolehkannya keluarga petahana ikut dalam pilkada serentak otomatis punya modal besar yang bisa diandalkan. Dengan APBD bisa memberikan bantuan hingga Rp100 miliar kepada masyarakat. Hal ini sulit dilawan calon di luar petahana yang cuma bermodal Rp15 miliar. "Ini tidak ada keadilan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper