Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Jalan Bangka

Bangka adalah nama kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kawasan itu berbatasan dengan Kelurahan Pela Mampang di sebelah utara, Kelurahan Pulo dan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Baru serta Kelurahan Cipete Selatan dan Cilandak Barat Kecamatan Cilandak di sebelah barat.
Peta Jalan Bangka./Google
Peta Jalan Bangka./Google

Bisnis.com, JAKARTA-Bangka adalah nama kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kawasan itu berbatasan dengan Kelurahan Pela Mampang di sebelah utara, Kelurahan Pulo dan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Baru serta Kelurahan Cipete Selatan dan Cilandak Barat Kecamatan Cilandak di sebelah barat.

Selanjutnya Kelurahan Duren Tiga dan Kalibata Kecamatan Pancoran di sebelah timur serta Kelurahan Pejaten Barat dan Cilandak Timur Kecamatan Pasar Minggu di selatan.

Zaenuddin HM, dalam dalam buku karyanya berjudul “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012, menjelaskan ada 2 versi mengenai asal usul nama Bangka.

Pertama, yang mengatakan Bangka berasal dari kata bangkai atau bangke bahwa pada masa lampau khususnya di masa kolonial Belanda dan penjajahan Jepang.

Di kota Batavia sering dibuang mayat-mayat korban kerja rodi dan kerja paksa, sehingga berbau busuk seperti bangkai, termasuk di kawasan itu yang kemudian disebut Bangka.

Versi Kedua, menyebutkan bahwa dahulu kawasan tersebut pernah dihuni orang-orang dari Pulau Bangka. Mereka kemudian membentuk komunitas di sana.

Lama kelamaan kawasan itu seakan menjadi milik komunitas orang dari Pulau Bangka sehingga akhirnya disebut daerah Bangka.

Kawasan itu dipertegas dengan adanya Jalan Bangka Raya. Demikianlah asal usulnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper