Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Tremor Gunung Raung Masih Terus Terjadi

Gempa tremor Gunung Raung dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso-Jember, Jawa Timur, masih menunjukkan peningkatan.
Gunung Raung/Antara
Gunung Raung/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Gempa tremor Gunung Raung dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso-Jember, Jawa Timur, masih menunjukkan peningkatan.

"Selama 24 jam terakhir tercatat gempa tremor Raung terus menerus dengan amplitudo 23 hingga 32 milimeter, namun gempa tremor didominasi dengan amplitudo 26 milimeter," kata Burhan Alethea, petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jumat (3/7).

Secara visual, masih terlihat cahaya api dengan kasat mata bahkan pada malam hari sinar api di puncak Gunung Raung terlihat dengan jelas dari PPGA.

"Pagi tadi terlihat asap solfatara berwarna kelabu yang mengarah ke arah tenggara dari puncak Raung dengan ketinggian 200-300 meter".

Bahkan, suara dentuman juga masih terdengar setiap 30 menit hingga satu jam sekali dari Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

"Petugas selalu melakukan pemantauan dan melaporkan data yang terekam di PPGA ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setiap enam jam sekali dan menyampaikan kepada BPBD di wilayah yang terkena dampak aktivitas Raung setiap 24 jam sekali," katanya.

Ia menjelaskan status gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl itu bisa naik menjadi Level IV (Awas) atau turun menjadi Waspada (Level II) seiring dengan peningkatan aktivitas gunung api tersebut.

"Apabila gempa tremor menunjukkan peningkatan dan pantauan secara visual juga meningkat, maka kemungkinan statusnya akan naik menjadi awas, namun sejauh ini masih siaga," ujarnya.(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper