Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Riau Siapkan Rp797 Miliar untuk Dana Desa

Pemerintah Provinsi Riau akan memberikan bantuan dana desa senilai Rp797 miliar pada tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau akan memberikan bantuan dana desa senilai Rp797 miliar pada tahun ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Desa Sudarman mengatakan dana APBD 2015 itu akan disalurkan untuk 1.594 desa yang ada di Provinsi Riau. Setiap desa akan mendapatkan bantuan sekitar Rp500 juta.

“Pagu anggarannya telah disusun. Kini, kita masih menyusun regulasi yang berbentuk peraturan gubernur. Setelah itu, dana akan disalurkan ke setiap desa.” katanya, Jumat (26/06/2015). 

Desa yang mendapatkan bantuan juga harus melengkapi persyaratan mutlak, antara lain menyusun peraturan bupati, anggaran pendapatan dan belanja desa, rencana kerja dan anggaran desa, rencanan pembangunan jangka menengah desa dan sebagainya.

Sudarman mengatakan pihaknya tengah menggesa penyusunan peraturan gubenur. Dia juga meminta agar perangkat desa untuk segera mempersiapkan syarat-syarat tersebut agar dana bisa cepat direalisasikan. 

“Karena realisasinya paling lambat Desember tahun ini,” terangnya.

Kementerian Kuangan akan merealisasikan bantuan itu dengan secara bertahap.  Satu kabupaten yang belum menerima kucuran anggaran dana desa tahap pertama itu adalah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Belum disalurkannya anggaran dana desa ke kabupaten itu karena belum adanya penyampaian peraturan bupati mengenai tata cara penghitungan dan penetapan rincian dana desa.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegor meminta kepada kabupaten terkait agar segera menyampaikan persyaratan administrasi yang menjadi penghambat tersebut, sehingga penyaluran dana desa ke Kabupaten Meranti dapat dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper