Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Smart City: Makassar Pasang 153 Kamera Pemantau di Sejumlah Titik

Pemerintah Kota Makassar merancang pemasangan 153 kamera pemantau atau close circut television pada sejumlah titik strategis di kota tersebut.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 27 Mei 2015  |  14:45 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Kabar24.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar merancang pemasangan 153 kamera pemantau atau close circut television pada sejumlah titik strategis di kota tersebut.

Kepala Dinas Informatika Kota Makassar Ismuounandar mengungkapakan pemasangan CCTV tersebut merupakan rangkaian program pengelolaan kota cerdas atau smart city yang digagas Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto.

Menurutnya, pemasangan CCTV diharapkan mendukung upaya pemerintah kota dalam penyediaan layanan bagi masyarakat secara efisien serta memudahkan pemantauan kota.

"Pastinya akan dimanfaatkan untuk menjadi salah satu acuan kebijakan pemkot terhadap kondisi sosial, keamanan dan kemacetan bisa lebih efektif dengan platform smart city," katanya dalam Temu Media, Rabu (27/5/2015).

Selanjutnya, pemasangan hingga operasional CCTV melibatkan BUMN telekomunikasi PT Telkom Tbk. yang sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Makassar.

Adapun kerangka kerjasama yang dikembangkan Pemkot Makassar dan Telkom mencakup pengelolaan iinformasi dari berbagai aspek pengelolaan kota.

Pengembanagn Smart City akan mencakup tiga pilar utama, yaitu pengelolaan kota secara efisien dan transparan, peningkatan kualitas hidup warga kota secara berkelanjutan, dan kemudahan pertumbuhan bisnis bagi komunitas warga kota.

Sejauh ini, kata Ismounandar, CCTV telah terpasang pada beberapa titik traffic light di sejumlah ruas utama Kota Makassar untuk memudahkan pemantauan arus lalu lintas.

Sementara itu, pusat operasional program smart city ditargetkan segera dibangun pada tahun ini untuk memudahkan pengoperasian CCTV yang terintegrasi dengan sejumlah layanan publik lainnya.

Secara keseluruhan, platform pengelolaan kota cerdas Pemkot Makassar juga menggandeng sejumlah korporasi besar selain Telkom, yakni Microsoft Corp Public Sector ASEAN, Nusantara Infrastruktur, BRI, dan BTN.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar smart city
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top