Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORBAN SELFIE MERAPI: Tim SAR Angkat Jasad Erri ke Bibir Kawah

Jasad Erri Yunanto (21), mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta yang terpeleset ke kawah Merapi dievakuasi dengan teknik hauling system.
Kawah Merapi dari kejauhan/Ilustrasi-JIBI Photo
Kawah Merapi dari kejauhan/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, BOYOLALI - Jasad Erri Yunanto (21), mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta yang terpeleset ke kawah Merapi dievakuasi dengan teknik hauling system.

Hauling adalah evakuasi vertikal dengan cara memindahkan obyek atau korban dari posisinya ke titik atau tempat yang lebih tinggi dengan mengurangi berat korban saat dilakukan penarikkan ke atas.

"Pukul 09.00 WIB lintasan disiapkan, lalu pukul 09.49 WIB mulai melakukan pengangkatan, dan survivor atau korban berhasil diangkat ke bibir kawah pukul 11.41 WIB," kata Kepala Resort Selo Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Suwiknya, Selasa (19/5/2015).

Untuk melakukan pengangkatan jasad Erri dari dasar kawah sedalam 200 meter dibutuhkan total 28 personel tim SAR gabungan. "28 orang tadi memulai perjalanan dari Pasar Bubrah ke bibir kawah pada pukul 08.07 WIB," ujar Suwiknya.

Dari segi teknis, Kepala Staff Tim SAR Mission Commander atau SAR Gabungan Irwan Santoso menyatakan hari ini proses evakuasi telah melewati titik kritis. "Usai survivor berhasil diangkat ke bibir kawah, maka tahapan kritis usai," ujar Irwan.

Menurut Irwan, tim mengalami kesulitan saat membawa jasad korban, terutama saat proses menurunkan korban dari bibir kawah ke Pos II. "Jalurnya berpasir dan harus ekstra hati-hati."

Dia juga menyatakan, untuk evakuasi dengan teknik hauling system dibutuhkan peralatan khusus seperti baju khusus serta tabung oksigen. "Karena gas beracun yang berasal dari kawah berbahaya," ujarnya. Hauling System, menurut Irwan, memudahkan proses evakuasi karena meringankan beban korban.

Irwan juga menyatakan, untuk evakuasi dari bibir kawah, kemudian ke Pos II, Pos I, kemudian ke New Selo, pihaknya menyiapkan 40 orang dari SAR gabungan guna melakukan estafet. Pihaknya berharap sore ini jasad korban berhasil di evakuasi hingga ke titik berkumpulnya kendaraan yang siap mengangkut jasad korban tersebut, yaitu New Selo.

Rencananya, usai berhasil dievakuasi dari Taman Nasional Gunung Merapi, jasad Erri segera dibawa ke RSUD Boyolali, untuk kemudian disemayamkan di rumah duka yang terletak di kawasan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper