Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBMPTN 2015: Ini Caranya agar Sukses Mendaftar

Bagi Anda yang akan mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015, ada lima langkah sukses untuk mendafar.
Ilustrasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)/Antara
Ilustrasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA— Bagi Anda yang akan mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015, ada lima langkah sukses untuk mendafar.

 "Kalau salah daftar, harus mengulang dan bayar lagi," kata Sekretaris Panitia Lokal SBMPTN Bandung, Asep Gana, Senin (11/5/2015).

Langkah pertama, calon peserta diwajibkan membaca seksama petunjuk penyelenggaraan SBMPTN 2015 di laman http://www.sbmptn.or.id.

Calon peserta disarankan mengetahui ketentuan dan persyaratan masing-masing Program Studi yang dipilih dengan melihat situs.

"Atau menghubungi langsung perguruan tinggi negerinya," kata juru bicara Panitia Lokal SBMPTN Bandung, Soni A. Nulhaqim.

Langkah kedua, sejak 11 Mei 2015 pukul 08.00 WIB, calon peserta cukup mengisi nama lengkap serta tanggal lahir di laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Pengisian iti untuk mendapatkan slip pembayaran Biaya Seleksi SBMPTN 2015 yang memuat kode pembayaran, tanggal pembayaran, Kode Akses Pendaftaran (KAP), dan personal identification number (PIN) calon peserta SBMPTN 2015.

Ketiga, calon peserta membawa slip pembayaran yang telah dicetak untuk membayar biaya ujian melalui bank mitra SBMPTN 2015 yakni Bank Mandiri atau BNI dengan menunjukkan slip pembayaran tersebut. Pembayaran pada Bank Mandiri dapat dilakukan melalui kantor cabang, Internet banking, anjungan tunai mandiri (ATM), dan SMS banking menggunakan kode pembayaran yang tercantum pada slip pembayaran.

Adapun pembayaran lewat BNI, hanya bisa lewat petugas di kantor bank.

"Jika tidak ada akses kedua bank tersebut, alternatif pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Bersama," kata Soni.

Langkah keempat
, setelah membayar, calon peserta diminta kembali mengakses http://pendaftaran.sbmptn.or.id untuk melakukan log in dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diperoleh sebelumnya.

Setelah itu, calon peserta harus mengunggah foto, mengisi biodata, dan memilih Panitia Lokal tempat calon peserta mengikuti ujian, serta memilih program studi. Pengisian data itu kemudian harus disimpan.

Kelima, setelah memfinalisasi pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2015 yang memuat nomor peserta dan lokasi ujian. Calon peserta diwajibkan mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2015 tersebut.

"Pada tahap inilah peserta baru dinyatakan selesai melakukan pendaftaran online SBMPTN 2015," ujar Soni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper