Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Perdagangan WNI di China Tinggal Tunggu Meledak

Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia Soegeng Rahardjo menyebut banyak WNI yang menjadi korban perdagangan manusia di China.
Perdagangan manusia/Antara
Perdagangan manusia/Antara

Kabar24.com, BEIJING-- Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia Soegeng Rahardjo menyebut banyak WNI yang menjadi korban perdagangan manusia di China.

"Saya percaya ini seperti puncak gunung es, tinggal tunggu waktu meledak," katanya dalam obrolan dengan Antara di Beijing, Senin (11/5/2015), terkait masih ada WNI yang menjadi tenaga kerja ilegal di China.

Soegeng mengatakan sejak Januari 2015, KBRI telah memulangkan sekitar 40 orang WNI yang bekerja secara ilegal di China. Pemerintah China sendiri tidak mengizinkan ada buruh migran di wilayahnya, kecuali di Hong Kong dan Makau.

Dikatakan, perdagangan manusia, termasuk yang melibatkan WNI di China daratan, sulit diselesaikan.

"Ada indikasi baik korban maupun organisasi perdagangan manusia, bekerja sama," kata Soegeng.

Korban kadang memberikan jawaban berbelit-belit ketika ditanya cara mereka bekerja di China.

"Tidak berterus terang, berupaya menutup-nutupi informasi, sehingga aparat juga kesulitan melacak secara tuntas."

Soegeng menyatakan terus bekerja sama dengan pemerintah China untuk menuntaskan masalah perdagangan manusia tersebut.

Wanita Penghibur

Sebagian besar TKI yang diselundupkan ke China menjadi wanita penghibur, sedangkan TKI pria menjadi buruh kasar di pabrik atau pelabuhan.

Meski telah memulangkan sekitar 40 orang TKI ilegal, jumlah WNI yang menjadi korban perdagangan manusia di China daratan masih terus bertambah.

Salah satunya AS,29 , perempuan asal Nganjuk, Jawa Timur, yang dipaksa menjadi wanita penghibur di spa dan karaoke di Tangsha di luar Kota Beijing.

AS dibeli oleh agen China dari agennya di Blitar sebesar 15 ribu Yuan (Rp30 juta). Perempuan yang pernah dua tahun bekerja di Panasonic, Malaysia  itu tiba di KBRI Beijing Kamis malam pekan lalu (7/5/2015).

"Saya diimingi gaji besar, dua belas juta, kerja di kafe di China. Tetapi sampai sini, saya kerja di spa plus-plus, dan seminggu kemudian di karaoke, selama sebulan. Dan karena tidak tahan, ada kesempatan saya kabur dan melapor ke KBRI," ungkapnya.

Dia bercerita, saat tiba di tempatnya bekerja telah ada WNI lain yang telah lama bekerja di spa.

"Ketika ada razia, kami berpencar, entah sekarang mereka di mana. Saya bisa lolos razia karena dijamin bos saya. Bos saya memindahkan saya ke KTV, di sana juga sudah ada WNI lain, saat saya kabur mereka sedang bekerja, melayani tamu masing-masing," aku AS.

Sebagian WNI korban perdagangan manusia ditampung di KBRI Beijing, dan rumah penampungan Kantor Keamanan Publik China.

Pemerintah setempat menetapkan,  buruh migran yang telah lebih dari sebulan berada di China harus membayar denda 10.000 Yuan dan tinggal di rumah penampungan Kantor Keamanan Publik.

Mereka akan dipulangkan setelah menjalani proses administrasi hukum dan difasilitasi KBRI antara lain dengan penerbitan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) bagi TKI yang paspornya disita majikan atau agen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper