Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beasiswa Pendidikan: Ingin Kuliah Gratis di Luar Negeri? Ini Aturan LPDP 2015

Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memiliki kebijakan berbeda setiap tahunnya, lalu apa saja aturan main yang bakal berlaku tahun ini?
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA—Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memiliki kebijakan berbeda setiap tahunnya, lalu apa saja aturan main yang bakal berlaku tahun ini?

Marketing Communication LPDP M. Iqbal Pirzada mengatakan kebijakan beasiswa LPDP bisa berganti setiap tahunnya tergantung keputusan menteri.

Adapun untuk tahun ini, lanjut Iqbal, ada beberapa aturan yang khusus ditetapkan yakni batas pengajuan beasiswa dan jangka waktu antara pendaftaran LPDP dan kegiatan perkuliahan.

“Tahun ini, pendaftar tak lagi bisa mendaftar beasiswa LPDP jika sudah 2 kali gagal tes wawancara. Selain itu, pada tahun ini, waktu antara mengajukan beasiswa LPDP dan mulainya kegiatan perkuliahan minimal 6 bulan,” jelas Iqbal dalam Scholarships Info Day di Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Dengan aturan anyar tersebut, pendaftar LPDP hanya memiliki 2 kali kesempatan mengikuti tes wawancara. Selain itu, jika perkuliahan telah mulai sebelum jangka waktu 6 bulan setelah mendaftar LPDP, maka pendaftar tersebut tak bisa menerima beasiswa.

Sebab, lanjut Iqbal, setiap peserta yang dinyatakan lolos seleksi penerimaan beasiswa LPDP diwajibkan mengikuti pelatihan kepemimpinan dan cara bertahan hidup di negara orang.

Pada 2015, jelas Iqbal, LPDP juga memiliki kebijakan baru yakni menghapus syarat nilai TOEFL dan indeks prestasi kumulatif (IPK) jika pendaftar telah diterima di salah satu dari 5 besar universitas di dunia.

Peserta juga bisa mendaftar meski universitas yang dituju tak masuk dalam daftar LPDP.

“Yang penting pendaftar memiliki alasan rasional mengapa dia melamar ke universitas itu, misalnya universitas tersebut merupakan institusi terbaik di bidang tertentu atau memiliki profesor terbaik di bidangnya,” papar Iqbal.

Iqbal juga menambahkan beasiswa LPDP mencakup biaya pendaftaran, biaya perkuliahan, pembelian buku senilai Rp10 juta per tahun, biaya tesis atau disertasi, biaya wisuda, biaya hidup bulanan baik sendiri maupun keluarga yang disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal, biaya transportasi, asuransi, visa.

Beasiswa ini juga akan memberikan insentif bagi penerimanya yang berhasil bekerja di 20 perusahaan terbaik di dunia.

Adapun, kata Iqbal, beberapa persyaratan dokumen administrasi untuk beasiswa ini bisa diunduh di situs resmi LPDP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper