Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEASISWA LPDP 2015: Mau Lolos Seleksi, Ini Strateginya

Sepanjang 2015, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menargetkan bakal ada 3.100 penerima beasiswa dari entitas ini.n
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Kabar24.com, JAKARTA— Sepanjang 2015, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menargetkan bakal ada 3.100 penerima beasiswa dari entitas ini.

Lalu, bagaimana strateginya agar bisa lulus seleksi beasiswa LPDP?

Marketing Communication LPDP M. Iqbal Pirzada mengatakan beasiswa LPDP diselenggarakan untuk mencetak pemimpin masa depan. Untuk itu, ada beberapa tahap yang harus dilalui pendaftar untuk bisa memperoleh beasiswa ini, yakni seleksi administrasi dan wawancara.

Untuk lolos seleksi administrasi, lanjut Iqbal, yakni pendaftar harus memenuhi semua persyaratan yang tertera pada situs resmi LPDP. Iqbal menjelaskan jika seluruh persyaratan dokumen administrasi lengkap, pendaftar akan dipanggil untuk mengikuti tes wawancara. Sementara itu, agar lolos seleksi wawancara, Iqbal menuturkan pendaftar harus bisa memaparkan visi hidup dengan jelas.

“Kami mencari sosok yang punya visi misi hidup yang jelas, yang kalau ditanya 10 tahun lagi akan berada di mana, dia bisa jawab. Dan visi misi tersebut, dalam jangka pendek, tertuang di pilihan kampus dan jurusan yang mendukung visi hidupnya,” jelas Iqbal dalam Scholarships Info Day di Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Iqbal merinci dalam proses wawancara, akan ada 3 tahap yang dilalui pendaftar yakni mengerjakan soal analisa kasus, wawancara one on one, dan analisa kasus lewat forum group discussion (FGD).

Adapun, tahun ini LPDP membuka 4 kali masa pendaftaran yakni pada Februari, Mei, Agustus, dan September. Pada tahun lalu, Iqbal menuturkan dari 38.667 pendaftar beasiswa LPDP, yang lulus seleksi hanya 3.025 orang. Sejak awal pembukaan beasiswa ini, menurut Iqbal, beasiswa untuk magister dan doktor merupakan beasiswa dengan peminat terbanyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper