Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sultan: Jogja Memasuki Zaman Baru

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Bawono (HB) X dalam jumpa pers Jumat (78/5/2015) menyampaikan alasannya mengeluarkan Sabda Raja. Menurut Ngarso Ndalem, saat ini Jogja masuk lir gumanti atau masuknya zaman baru.
 Mediani Dyah Natalia
Mediani Dyah Natalia - Bisnis.com 08 Mei 2015  |  20:01 WIB
Sultan: Jogja Memasuki Zaman Baru
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X - Antara

Harianjogja.com, JAKARTA--Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Bawono (HB) X dalam jumpa pers Jumat (78/5/2015) menyampaikan alasannya mengeluarkan Sabda Raja. Menurut Ngarso Ndalem, saat ini Jogja masuk lir gumanti atau masuknya zaman baru.

Sultan menyampaikan Sabda Raja dikeluarkan setelah mendapat wahyu. Sehingga, Sabda Raja disebutnya sebagai upaya menjalankan kewajiban dari leluhur. Dawuh Raja ini merupakan perintah Tuhan yang diterimanya. Menurut Sultan, perintah ini dapat diartikan sebagai lir gumanti atau masuknya Jogja dalam zaman baru.

“Zaman baru, terjadinya persatuan kesatuan dari Mataram lama, dari zaman Singosari, Pajang, ke Mataram baru, sampai zaman sekarang ini,” jelasnya, Jumat (8/5/2015).

Zaman Mataram lama dan Mataram baru disebutnya sempat terpisahkan karena ada perjanjian Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Giring.

“Karena sudah selesai, kami mengakui terjadi keturunan Ken Arok, Pajang, Panembahan Senopati, sampai sekarang. Keturunan pancer tak berbelok,” ujar Sultan lagi.

Dalam Sabda Raja itu salah satunya mengubah penyebutan Buwono menjadi Bawono. Selain itu, menjadikan GKR Pembanyun menjadi putri mahkota dengan nama GKR Mangkubumi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri sultan hamengkubuwono Sabda Raja

Sumber : Harianjogja.com

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top