Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BW Tidak Ditahan, Kabareskrim Sebut Murni Keputusan Penyidik

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso membantah adanya intervensi Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di balik tidak ditahannya Bambang Widjojanto pada pemeriksaan kemarin, Kamis (24/3/2015) kemarin, terkait kasus dugaan tindak pidana keterangan saksi palsu di bawah sumpah.nn
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 27 April 2015  |  12:36 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan, seusai diperiksa di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (3/2/2015) malam. - Antara/Hafidz Mubarak A.
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan, seusai diperiksa di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (3/2/2015) malam. - Antara/Hafidz Mubarak A.

Kabar24.com, JAKARTA -- Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso membantah adanya intervensi Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di balik tidak ditahannya Bambang Widjojanto pada pemeriksaan kemarin, Kamis (24/3/2015) kemarin, terkait kasus dugaan tindak pidana keterangan saksi palsu di bawah sumpah.

"Enggak lah. Kapolri tidak ada hubungannya dengan penegakan hukum," katanya di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Urusan penyidik, ucap Budi, Kabareskrim lah yang berhak mengendalikan para penyidik, karena kewenangan mengatur demikian. "Kendalinya itu di sini hanya Kabareskrim gitu," kata Komjen Budi Waseso atau biasa disapa Komjen Buwas.

Meski begitu, lanjut Buwas, dirinya tidak mengintervensi penyidik ketika bertugas memeriksa seseorang. "Tapi secara independen itu adalah kewenangan penyidik," katanya.

Dia juga menampik soal pertemuan Taufiequrrachman Ruki dengan Kapolri mempengaruhi keputusan penyidik tidak menahan Bambang. "Oh enggak itu kebetulan saja. Coba tanya penyidik ada tidak Kabareskrim telepon mereka. Saya benar-benar menyerahkan pada penyidik," katanya.

Dia menegaskan keputusan tidak menahan Bambang murni pertimbangan penyidik. Diakui Buwas, dirinya bisa mengintervensi penyidik apabila ada hal yang benar-benar khusus. "Baru saya turun tangan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bambang widjojanto
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top