Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banten Siap Garap Bojonegara Jika Pusat Restui

Pemerintah Provinsi Banten bersedia cari investor sendiri untuk proyek kawasan industri Bojonegara di Serang beserta infrastruktur pendukungnya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Pemerintah Provinsi Banten bersedia cari investor sendiri untuk proyek kawasan industri Bojonegara di Serang beserta infrastruktur pendukungnya.

Plt. Gubernur Banten Rano Karno menyatakan sedianya pemprov mau mencari investor untuk jadi mitra dalam menggarap proyek tersebut. Tapi hal ini baru bisa dilakukan jika pemerintah pusat menyerahkan proyek Bojonegara seutuhnya jadi program provinsi.

“Kalau pemerintah pusat serahkan ke kami, kami akan cari investor saking pentingnya proyek ini. Kewenangan proyek ini sekarang di pemerintah pusat,” kata Rano kepada Bisnis, di Tangerang, belum lama ini.

Berdasarkan rencana tata ruang Pemprov Banten 2010 – 2030, Serang diarahkan untuk pengembangan industri, pelabuhan, pergudangan, pariwisata, jasa, dan perdagangan. Bojonegara sendiri dinyatakan layak secara keekonomian untuk dikembangkan bertahap.

Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan gerak cepat guna mengembangkan infrastruktur pendukung, seperti kawasan industri alat berat dan pembangkit listrik, tol menuju keluar Cilegon barat, dan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan menuju kawasan. Ada pula infrastruktur pembangunan lintasan kereta api menuju kawasan serta pemenuhan AMDAL.

Pola tata ruang di Bojonegara dinyatakan dekat dengan jalur perdagangan atau pelayaran internasional. Oleh karena itu pengembangan kawasan ini akan dilengkapi dengan pelabuhan sehingga arus pelayaran masuk dan keluar Indonesia lebih lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper